Ribuan Personel Gabungan Kawal Pendaftaran Bacapres di KPU

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 Oktober 2023
Ribuan Personel Gabungan Kawal Pendaftaran Bacapres di KPU
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengawasi para pendukung dan warga yang berdatangan di sekitar KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10). ANTARA/Nadia Putri Rahmani

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran bakal calon presiden-bakal calon wakil presiden mulai Kamis (19/10).

Untuk mengamankan jalannya proses pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Polda Metro Jaya mengerahkan 2.411 personel gabungan yang berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat dan TNI serta unsur terkait dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Baca Juga

Paloh Ungkap Sinisme, Keraguan Dalam Proses Pemasangan AMIN

"Pengerahan pasukan ini terbagi menjadi 3 zona dengan 13 sektor pengamanan yang terfokus pada rute perjalanan bacapres/bacawapres," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Susatyo juga mengatakan bahwa Kepolisian menyiapkan personel yang berkeliling apabila terjadi insiden yang tidak diinginkan pada hari ini.

Selain itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan sistem buka tutup dan pengalihan arus pada ruas jalan apabila terjadi stagnasi pada jalur dan rute di sekitar Gedung KPU tersebut.

Susatyo pun mengimbau kepada masyarakat untuk dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi. "Beda pilihan adalah hal yang wajar dalam iklim berdemokrasi. Mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa demi utuhnya NKRI," kata dia.

TMC Polda Metro Jaya melalui Instagram di @tmcpolda, Rabu (18/10) malam mengumumkan adanya rute pengalihan arus lalu lintas di Jalan Imam Bonjol pada Kamis pukul 06.00 WIB hingga selesai.

Baca Juga

Diantar Ribuan Orang Daftar ke KPU, Anies Didoakan jadi Presiden

Rute pengalihan arus lalu lintas di kawasan KPU RI adalah sebagai berikut:

1. Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim atau Jalan Pamekasan

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Hos Cokroaminoto atau belok ke kanan arah Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said atau ke kanan arah Jalan HOS Cokroaminoto. (*)

Baca Juga

Pj Heru Ingatkan ASN DKI Wajib Netral, Tidak Boleh Pasang Foto Capres-Cawapres

#Polda Metro Jaya #Komisi Pemilihan Umum
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan