Ribuan Personel Gabungan Ikuti Apel Akbar Natal

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 24 Desember 2017
Ribuan Personel Gabungan Ikuti Apel Akbar Natal
Ilustrasi. (MP/Win)

MerahPutih.com - Ribuan personel TNI dan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengikuti apel akbar pengamanan Natal dan pawai budaya di Bundaran Besar, Palangka Raya, Minggu (24/12).

"Selain TNI dan Polri, apel akbar yang diikuti ribuan peserta juga turut terlibat sejumlah ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, dan berbagai paguyuban yang ada di kota Palangka Raya," kata Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, apel akbar tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi, pemikiran guna menjaga keamanan, ketertiban, dan meningkatkan toleransi serta persaudaraan.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban serta toleransi dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan tahun baru 2018," katanya.

Pada acara tersebut juga dibacakan ikrar bersama umat beragama dan budaya di Kalimantan Tengah yang dibacakan pimpinan FKUB Kalteng dan diikuti seluruh peserta.

Adapun isi ikrar tersebut ialah senantiasa mendukung pemerintah berdasar Pancasila dan UUD 1945 yang melindungi hak warga negara dalam menjalankan agama dan budaya.

Kemudian juga memelihara keberagaman dan perbedaan dengan saling melindungi berbagai agama dan budaya yang ada secara tulus dan sungguh-sungguh.

Ketiga ialah senantiasa menciptakan suasana sejuk, harmonis, dan bebas konflik antar umat beragama dan menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi dan pemaksaan dalam menjalankan agama dan budaya.

Sementara itu, Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika mengapresiasi pelaksanaan apel akbar pengamanan natal dan pawai budaya tersebut.

"Tentunya kami dari TNI secara penuh juga siap melakukan pengamanan Natal dan tahun baru. Apabila nantinya ditemukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan berdampak pada gangguan kamtibmas, maka akan ditindak tegas," katanya.

Turut hadir dalam acara itu seperti Wakil Ketua DPRD Kalteng, Abdul Razak, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio serta Rektor IAINPalangka Raya Dr Ibnu Elmi As Pelu dan Rektor UM Palangka Raya, Dr Bulkani. (*)

#Natal #TNI-Polri
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan