Ribuan Personel Amankan Festival Keraton Nusantara Pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI di Cirebon. (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Sebanyak 1500 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan jalannya Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI yang berlangsung di Kota Cirebon, 15-19 September 2017.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengungkapkan, jumlah tersebut merupakan gabungan dari personel Polresta Cirebon, Polda Jabar, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Sat Polairud, Brimob, Menwa, dan ormas.

"Untuk personel dari Polresta Cirebon itu sebanyak 600, dari Polda (Jabar) kita tambah BKO 500 personel, dan ditambah instansi lain. Jadi, kurang lebih 1500 personel," kata Adi Vivid, Sabtu (16/9).

Personel ini akan ditempatkan di beberapa titik seperti, hotel tempat penginapan para raja, sultan, ratu, dan peserta FKN, Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kecirebonan, serta jalur yang akan dilalui peserta kirab agung prajurit keraton se-Nusantara.

Selain itu, Adi Vivid juga mengatakan bahwa personel bakal disiagakan sampai acara penutupan yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Senin (18/9) akan ada penambahan (personel pengamanan) karena rencananya Presiden akan menutup acara FKN ini," katanya.

FKN ke-XI diawali dengan acara Welcome Dinner yang dilaksanakan di Taman Gua Sunyari, Kota Cirebon. Acara Welcome Dinner ini dihadiri para Raja, Sultan, dan Ratu se-Nusantara.

Sementara itu, hari ini akan dilaksanakan pembukaan secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan akan dilanjutkan dengan kirab agung prajurit keraton se-Nusantara, lomba panahan tradisional dan pameran benda pusaka keraton se-Nusantara. (*)

Berita ini berdasarkan laporan Mauritz, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca berita terkait di: Bawa Kabur Dan Setubuhi Siswi SMK, Tiga Remaja Nyaris Dihakimi Massa



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH