Ribuan Perahu Nelayan Siap Gunakan BBG Ratusan perahu nelayan bersandar di dermaga. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara siap konversi 1.200 perahu nelayan menggunakan bahan bakar gas (BBG) dari bahan bakar bensin.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perekonomian Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah Pemkab Gorontalo Utara, Dumran Ahmad mengatakan perahu nelayan bermesin ketinting di bawah 16 gross ton (GT) yang selama ini digunakan nelayan akan mengikuti program konversi bahan bakar minyak dari bensin ke gas.

"Mereka yang dinyatakan lolos verifikasi sesuai persyaratan yaitu memiliki perahu dan mesin yang digunakan selama ini berbahan bakar bensin, serta memiliki alat tangkap dan telah bersedia mengikuti program konversi tersebut," kata Dumran di Gorontalo, Senin (10/4).

Masing-masing nelayan akan mendapatkan satu mesin dan dua tabung gas elpiji yang akan diserahkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas pada tahun 2017 ini.

Dumran menjelaskan total nelayan kecil di daerah ini mencapai 2.224 orang. Namun, 1.024 orang nelayan lainnya masih terbentur pada identitas kependudukan di mana profesi yang dicantumkan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih menuliskan sebagai petani padahal mereka menjalankan aktivitas perekonomiannya sebagai nelayan.

Pemkab bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan mendorong penyesuaian identitas kependudukan para nelayan tersebut agar mereka bisa ikut dalam program konversi itu.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Amanda Sunge mengatakan, intens turun ke desa-desa khususnya di 78 desa pesisir agar seluruh nelayan segera memiliki Kartu Nelayan.

Hal itu penting, agar nelayan kecil yang ada di daerah itu mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH