Ribuan Pasukan Oranye Disiagakan Bersihkan Sampah Sisa Perayaan Malam Tahun Baru Pasukan Oranye. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

MerahPutih.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 6.800 petugas kebersihan pada malam tahun baru 2018-2019 di Ibu Kota Jakarta. Ribuan petugas itu akan membersihkan sisa-sisa sampah dari perayaan malam pergantian tahun.

"Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji di Jakarta, Jumat (28/12).

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga menerjunkan petugas tambahan dari Unit Pengelolah Kawasan (UPK) Badan Air untuk membantu di darat dan melakukan kerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayah masing-masing.

Ribuan petugas itu akan membersihkan sampah-sampah mulai dari pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut. Petugas akan langsung bekerja setelah perayaan pergantian tahun usai.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Oranye langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan," jelas Isnawa.

Pasukan Oranye
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau dikenal dengan sebutan Pasukan Oranye. Foto: Antara

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Isnawa mengharapkan, usai acara puncak pergantian tahun pedagang kaki lima dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di bahu jalan dapat segera meninggalkan lokasi.

"Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan wilayah. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL," tuturnya.

Lebih lanjut, Isnawa menuturkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

"Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibukota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," ungkapnya

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH