Ribuan Orang Terserang DBD, Kang Emil Sebar Edaran Ridwan Kamil. (Foto: Instagram/@ridwankamil)

MerahPutih.com - Tercatat ribuan orang di Jawa Barat terserang penyakit demam berdarah dengue (DDB) sejak awal tahun lalu dan menewaskan 18 warga. Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil atau Emil membuat surat edaran untuk mencegah wabah DBD ini semakin meluas.

"Segera dikirimkan surat edaran (Gubernur) ini, secepatnya. Minggu-minggu ini sudah dikirimkan ke kabupaten/kota. Jadi surat edaran ini berisi menginstruksikan langkah-langkah antisipasi pencegahan dini demam berdarah," kata Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Pemerintah Provinsi Jabar Daud Achmad, di Gedung Sate Bandung, Jumat (8/2).

Surat instruksi untuk kepala dinas kesehatan tingkat kabupaten/kota itu memerintahkan setiap daerah wajib melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan Gerakan 3M Plus (menguras, mengubur, dan menutup plus).

"Kami juga meminta agar melibatkan setiap anggota keluarga untuk jadi kader jumantik, mengaktifkan kembali kelompok kerja nasional DBD dan meningkatkan SDM pencegahan dan pengendalian demam berdarah," tandas Daud, dilansir Antara.

Ilustrasi nyamuk penyebab DBD (Pixabay)

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Uus Sukmara menjabarkan sejak awal hingga 31 Januari 2018 tercatat 18 orang di Provinsi Jawa Barat meninggal dunia karena DBD. Adapun total temuan kasus DBD mencapai 2.461 orang.

Menurut Uus, situasi atau kasus DBD di Provinsi Jawa Barat berfluktuasi setiap tahunnya dan cenderung semakin meningkat angka penderita, sekaligus sebaran wilayah yang terjangkit semakin luas.

Pada 2016 tercatat 36.589 kasus DBD di Jabar, meninggal 276 orang, pada 2017 tercatat 11.422 kasus, meninggal 56 orang, dan pada 2018 tercatat 11.458 kasus dengan angka kematian 57 orang. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH