Ribuan Jerat Satwa Liar Tersebar dari Tamiang hingga Aceh Selatan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 04 Desember 2017
Ribuan Jerat Satwa Liar Tersebar dari Tamiang hingga Aceh Selatan
Jerat satwa yang ditemukan di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), di Banda Aceh, Aceh, Minggu (3/11). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

MerahPutih.com - Forum Konservasi Leuser (FKH) menemukan sebanyak 4.542 unit jeratan satwa liar dari 2014 sampai 2017, di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

"Sejak akhir tahun 2014 sampai akhir 2017 FKH menemukan 4.542 jerat satwa liar di kawasan ekosistem Leuser," kata Koordinator Wildlife Protection Team-Forum Konservasi Leuser (WPT-FKL) Dediansyah seperti dilansir Antara, Minggu (3/12).

Ia menjelaskan, jerat satwa liar yang dilindungi tersebut ditemukan di wilayah Leuser meliputi Kabupaten Aceh Tamieng hingga Aceh Selatan.

"Jerat satwa liar itu dominan masih aktif, ada juga yang tidak aktif dan bahkan ada jerat yang langsung kami temukan dari pemburu kemudian pelaku membuat surat perjanjian tidak mengulangi lagi," sebut Dediansyah.

"Pelakunya yang pernah kami tangkap dari Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara dan ada juga dari Aceh," ungkapnya.

Dediansyah mengakui, ketika tim berpatroli di kawasan Leuser juga pernah menemukan langsung satwa liat seperti Landak terjerat.

"Jerat kami yang temukan banyak jenis dan dominan jeratan satwa liar yang dilindungi seperti Landak, Gajah, Harimau," tuturnya.

Untuk mencegah pemburuan satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang tersebut pihaknya mengaku telah bekerja sama dengan Kepolisian, Dinas Kehutanan Aceh, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh serta pemerhati lingkungan lainnya dan Lembaga Adat. (*)

#Taman Nasional Gunung Leuser #Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan