Ribuan Botol Miras Oplosan Disita Polrestabes Bandung Miras. ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Merahputih.com - Polrestabes Bandung menyita 3.000 botol miras oplosan di Jalan Rancabolang Barat, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Selain dalam botol, petugas juga menyita 25 jerigen masing-masing berisi 25 liter.

Pengungkapan itu dilakukan setelah ada tiga korban yang tewas di Kota Bandung usai menengguk miras oplosan. Polisi kemudian membekuk A (40) penjual miras yang merupakan warga Sekejati Bandung.

"Petugas mengamankan miras oplosan jenis arak putih dan ginseng. Miras ini mengandung alkohol konsentrat tinggi sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Senin (9/4) petang.

Untuk memastikan zat yang terkandung di minuman itu, petugas akan melalukan uji laboratorium. Ia mengatakan ada kesamaan miras oplosan yang dikonsumsi warga Bandung dengan kejadian tewasnya belasan orang di Cicalengka, Kabupaten Bandung. "Berdasarkan penyelidikan, minuman yang dikonsumsi korban di Cicalengka dengan di Sekejati hampir sama," katanya.

infografis miras oplosan
Infografis Miras Oplosan

Agung mengatakan, alkohol tersebut dioplos dengan ginseng, obat batuk, dan obat antinyamuk. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah penjual yang di Cicalengka dan Sekejati masih satu jaringan pemasok atau tidak. "Yang pasti miras yang dijual pelaku ini tidak berizin alias ilegal," katanya.

Atas perbuatannya tersangka A terancam hukuman 15 tahun penjara. Sebelumnya, Dadang Setiawan (45), Yeye (60), dan Rohendi (43), tiga warga Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung tewas pada Minggu 8 April 2018 seusai pesta miras pada Sabtu 7 April 2018.

Setelah pesta, korban kembali ke rumah masing-masing. Namun pada Minggu dini hari, tiga korban mengalami gejala mual dan muntah, dan kejang-kejang. Meski telah mendapatkan pertolongan medis di RS Al Islam Bandung dan RS Humana Prima Rancabolang nyawa ketiganya tak tertolong.

Berita ini merupakan laporan Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga artikel terkait di: Ini Identitas 21 Korban Tewas Miras Oplosan di Cicalengka


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH