Ribuan Aparat Jaga Gedung MPR/DPR dari Kepungan Buruh Polisi menyiagakan sejumlah kendaraan operasional penanganan unjuk rasa untuk mengantisipasi massa di halaman Mapolrestro Jakarta Timur, Selasa (25/8/2020). (ANTARA/HO-Humas Polrestro Jaktim).

MerahPutih.com - Ribuan personel dikerahkan guna mengawal jalannya demonstrasi yang dilakukan elemen buruh depan Gedung DPR/MPR RI, Selasa (25/8).

Kelompok buruh menyampaikan dua tuntutan yaitu menolak Omnibus Law dan Putus Hubungan Kerja (PHK) dampak COVID-19.

Baca Juga

Ganjil Genap Tak Efektif Tekan Kasus COVID-19 di Jakarta

"Kami menerjunkan 5.800 personel gabungan untuk menjaga demonstrasi di Gedung DPR RI," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa, (25/8).

Buntut adanya aksi ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi unjuk rasa.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, rekayasa lalu lintas depan gedung wakil rakyat tersebut sifatnya situasional.

Dirinya menambahkan personel lalu lintas yang dilibatkan dalam pengamanan dan pengaturan arus lintas, sebanyak 232 personel.

"Penutupan disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pengamanan. Cara bertindak, pengamanan kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), pengamanan masa unjuk rasa dan pengguna jalan lain," ujar Sambodo menambahkan.

Baca Juga

Menaker Butuh Waktu Sebelum Bantuan Rp600 Ribu Cair

Berikut skema rekayasa lalu lintas di depan DPR/MPR RI:

- Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah Fly Over Ladogi diarahkan belok kiri ke Gerbang Pemuda;

- Jalan Gerbang Pemuda yang mengarah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup, diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolong Fly Over Ladogi atau lurus (naik Fly Over) ke Jalan Gatot Subroto arah Timur atau ke Bendungan Hilir;

- Jalan Gerbang Pemuda arah ke Asia Afrika dibelokan ke kiri ke Jalan Asia Afria terus Jalan senayan dan Jalan Pakubuwono;

- Jalan Asia Afrika ke Barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke arah Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah Ladogi;

- Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti, di Traffic Light Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama, belok kiri arah belakang DPR ditutup;

- Jalan Tentara pelajar pojok Manggala Wanabakti ditutup, Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH