Musisi Indonesia

Rian d'Masiv Merinding Ketika Melayat Yon Koeswoyo

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 05 Januari 2018
Rian d'Masiv Merinding Ketika Melayat Yon Koeswoyo
Rian dan Wahyu d'Masic. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

JUMAT pagi (5/01) tadi vokalis dan gitaris Koes Plus, Yon Koeswoyo dikabarkan meninggal pada usia 77 tahun.

Mendengar kabar duka itu Rian mengaku sangat kaget. Karena terakhir kali dirinya bertemu dengan Yon, kondisinya sehat-sehat saja.

“Dengar kabar tadi pagi , pertama tahu dari broadcastnya Glenn Fredly di grup musisi, Aku kaget banget sih dengernya. Kebetulan pas sakit terakhir di rumah sakit aku jenguk juga. Waktu itu pas lihat kondisinya terakhir sih udah sehat lagi. Sempet manggung lagi, tahun lalu kalau enggak salah,” ungkap Rian saat ditemui merahputih.com di kediaman Yon, di Pamulang, Tangerang, Jumat (5/01).

Menurut penuturan Rian, Yon Koeswoyo semasa hidupnya tak pernah mau untuk memeriksa penyakitnya ke dokter. Itu lantaran Yon takut jika dirinya mengetahui mengidap suatu penyakit.

“Oom Yon katanya enggak pernah mau ke dokter. Katanya kalau ke dokter takut ketahuan sakitnya apa. Jadi dia bilang kalau mangggung dan nyanyi bisa ngilangin segala penyakitnya,” tambah rian.

Selain itu di mata Rian sosok Yon Koeswoyo merupakan sosok yang luar biasa menginspirasi dan merupakan idolanya sejak lama. Bersama Yon, Rian memiliki banyak kenangan.

“Memang luar biasa banget sih oom Yon dan banyak juga kenangan sama oom Yon, banyak banget! Karena aku kan juga kolektor piringan hitam oom Yon dan Koes Bersaudara, jadi beberapa kali aku sempat ke rumah ini juga minta tanda tangan,” cerita Rian.

Lebih lanjut lagi Rian mengatakan, “Oom Yon itu umurnya udah 70 tahun lebih, tapi semangatnya luar biasa yah! Dan dia sangat membanggakan Koes Plus. Dia bilang enggak ada band kayak Koes Plus di dunia ini karena memang bener albumnya 100. Pas aku tanya oom udah berapa album, '100 kaset', katanya. Jadi buat ngejar mereka susah juga yah, soalnya sangat produktif pada saat itu,”

Yang paling membekas di hati Rian dan Wahyu (drummer d’Masiv) yaitu pesan singkat dari Yoen Koes Plus yang berbunyi “Jika d'Masiv mau seperti Koes Plus ya berkarya terus aja”.

Namun disela-sela wawancara, Rian mengaku berkali-kali bulu kuduknya merinding ketika bercerita tentang almarhum Yon.

“Sampai merinding, merinding nih dari tadi,” ucap Rian, “Waduh merinding terus nih.”

Rian dan Wahyu memanjatkan doa yang terbaik untuk Yon Koes Plus dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisiNya. Semua karya-karyanya jadi amal ibadah beliau yah! Beliau sudah memberikan sesuatu yang luar biasa untuk musik Indonesia, dan semoga kita bisa melanjutkan perjuangan oom Yon di industri musik semangatnya. Terus untuk keluarga yang ditinggalkan juga semoga diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan,” pungkas Rian. (ryn)

#Yon Koeswoyo
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan