RI Peringkat 5, Wapres JK: Atlet Asian Para Games Pemenang Kemanusiaan Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan di acara Penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/10/2018). (Biro Pers Setwapres)

MerahPutih.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi para atlet Asian Para Games 2018 sebagai pemenang kemanusiaan karena berhasil mengikuti ajang kompetisi olahraga internasional dengan keterbatasan fisik.

"Anda semua adalah pemenang, bukan saja di arena kompetisi tetapi pemenang bagi kemanusiaan. Terima kasih karena telah memberikan kami sebuah kompetisi yang menyenangkan," kata JK, dalam sambutannya di acara Penutupan Asian Para Games di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (13/10) malam.

atlet
Kontingen Indonesia Asian Para Games 2018 (setkab.go.id)

Wapres menekankan kerja keras dan pencapaian prestasi yang telah dilakukan atlet disabilitas telah menunjukkan kepada dunia bahwa keterbatasan bukanlah halangan untuk berprestasi.

JK menambahkan keberhasilan para atlet meraih medali di Asian Para Games 2018 menjadi momen kejayaan terbaik sehingga dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap para penyandang disabilitas

"Sepanjang minggu ini anda semua telah menunjukkan bahwa anda jauh lebih kuat, lebih baik dan lebih mampu daripada yang dipikirkan semula. Memang anda berkebutuhan khusus, memang anda ada kekurangan tapi tidak kekurangan semangat, tidak kekurangan prestasi dan tidak kekurangan kejayaan," tutur dia, dikutip Antara.

kawasan GBK
Kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. (inapgoc)

Asian Para Games 2018 diikuti 2.762 atlet dari 43 negara peserta yang mengikuti 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga, selain 16 nomor pertandingan non-medali pada cabang para-atletik dan para-renang.

Indonesia sendiri berada di peringkat kelima dengan total perolehan 135 medali, yakni 37 emas, 47 perak da 51 perunggu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH