Rhino X-Tri Ramaikan Tanjung Lesung Rhino X-Triathlon digelar di Tanjung Lesung, Banten. (foto: MP/Muchammad Yani)

RHINO X Triathlon 2018 akhirnya dimulai. Acara yang terbagi menjadi 2 cabang olahraga, yakni Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XC-M) pada 29 September dan Triatlon di hari selanjutnya.

Sebanyak 112 peserta mengikuti MTB XC-M dan 88 peserta ikut dalam ajang Triathlon. Menariknya selain dari dalam negeri terdapat peserta lainnya yang berasal dari 6 yakni Amerika Serikat, Selandia Baru, Spanyol, Belanda, Jepang, dan Prancis.

Peserta MTB XC-M harus menempuhkan jarak 50 kilometer, lebih jauh daripada tahun lalu yang hanya sepanjang 40 kilometer. Diperkirakan jarak tersebut akan memakan waktu 2,5 jam.

"Tapi kalau buat yang sekadar ikut-ikutan, cuma pengen liat pemandangan alam kita memperhitungkan 5 jam lah sampai finish," tutur Direktur Teknis Perlombaan, Taufik Hidayat, di Media Center Tanjung Lesung, Banten, Jumat (28/9).

Peserta menempuh jarak 50 kilometer. (foto: MP/Muchammad Yani)

Sementara itu, untuk Triatlon, penyelenggara memiliki 3 kategori dengan jarak berbeda. Bull dengan renang 500 meter, sepeda 10 kilometer, dan lari 10 kilometer. Rhino dengan renang 1 kilometer, sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer. Kategori tambahan tahun ini yakni Eagle dengan renang 1,5 kilometer, sepeda 30 kilometer, dan lari 15 kilometer.

Pihak panitia berharap cuaca akan cerah hingga Minggu. Namun, jika terjadi hujan, Taufik menjelaskan ajang kejuaraan tetap dilakukan. Namun, jika cuaca sangat buruk, semua itu disesuaikan dengan keadaan.

"Kita enggak pakai pawang karena semua kuasa Allah. Nanti untuk Triatlon jalur tetap, tapi mungkin dikurangi atau kalau benar-benar ekstrem, ada bagian yang kita hilangkan, misalnya sepeda. Tapi kalau lautnya kurang bersahabat berenangnya kita hilangkan," tutur Taufik.

Peserta bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil bersepeda. (foto: MP/Muchammad Yani)

Penyelenggara juga menyiapkan 4 water station bagi para peserta yang ingin mengisi energi. Serta 4 mobil ambulans yang ditempatkan di beberapa titik. Terdapat pula motor trail untuk bisa mengakses jalur yang tidak bisa dilalui mobil.

Marshall dikerahkan dari Pramuka serta pihak warga dengan total 120 orang. Selain itu, pihak kepolisian dan TNI juga ikut membantu mengamankan jalannya pertandingan.

Rhino X Triathlon diharapkan bisa menjadi penarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke kawasan konomi khusus (KEK). Terlebih ajang ini sudah masuk kalender tahunan Kementerian Pariwisata.(yan)

Kredit : yani


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH