Revitalisasi Terminal Tirtonadi Dijanjikan Selesai September

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 30 Agustus 2021
Revitalisasi Terminal Tirtonadi Dijanjikan Selesai September
Menteri Perhubungan tinjau Terminal Tirdodadi. (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/8). Peninjauan itu dilakukan dengan mengecek satu persatu progres pembangunan fasilitas function hall dan sport center.

"Kami ke Solo untuk memastikan pembangunan Tirtonadi bisa selesai tepat waktu pada September tahun ini," kata Budi.

Baca Juga:

Simpang 7 Palang Joglo Solo Bikin Macet, Menhub Kebut Proyek Elevated Railway

Terminal Tirtonadi ini dijadikan sebagai satu contoh bagaimana melakukan revitalisasi satu fungsi terminal. Dimana dalam kondisi sekarang angkutan umum agak menurun.

"Karena itu kita harus memikirkan secara kreatif fungsi-fungsi apa yang bisa dikolaborasikan dengan kegiatan transportasi lain atau terminal bus supaya tetap ramai," kata dia

Terminal Tirtonadi, kata dia memiliki konsep integrasi antarmoda yang baik karena sudah terhubung dengan Stasiun Kereta Api Solo Balapan dengan dibangunnya jembatan penghubung (sky bridge), dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

"Kedepannya akan juga menjadi pusat kegiatan masyarakat. Saya berdiskusi dengan Pak Wali Kota (Gibran), bangun sekarang ada sport center ada food center ada function menggambarkan ini adalah yang kita harapkan bisa menjadi pusat kegiatan Solo yang baru," paparnya.

Ia menambahkan, tempat diharapkan nanti bisa menjadi contoh di terminal yang lain. Setelah semuanya jadi akan dikelola Kemenhub sehingga masyarakat atau swasta bisa menyewa secara sepotong-sepotong.

"Jika ada ide dari Pak Wali Kota untuk membuat semacam event fair monggo (silahkan) seperti apa, kami prinsipnya ini lahan yang besar sekali sudah terbangun dua lantai. Insyaallah September nanti mulai bisa selesai yang perlahan bisa dimanfaatkan," tandasnya.

Menteri Perhubungan tinjau Terminal Tirdodadi. (Foto: MP/Ismail)
Caption

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi langkah Menhub dalam membangun fasilitas antarmoda ini. Diakuinya untuk lantai II Terminal Tirtonadi ini sangat luar biasa.

"Kita berdiskusi masalah Terminal Tirtonadi untuk yang lantai dua ini luar biasa sekali untuk function hall foodcourt dan sport center," kata Gibran.

Ia berharap, tempat ini bisa jadi tempat kegiatan ekonomi menjadi warga Solo sekitarnya. Pada September nanti dibuka harapannya bisa menjadi salah satu penggerak percepatan ekonomi di Kota Solo.

"Harapannya pandemi ini bisa segera selesai dan warga bisa beraktivitas normal kembali," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Kemenhub Siapkan 428 Bus untuk PON XX dan Peparnas XVI Papua

#Terminal #Kemenhub #Terminal Tirtonadi
Bagikan
Bagikan