Restrict, Fitur Anti-Bullying Terbaru Instagram Instagram buat fitur ini dalam rangka memberi solusi terhadap cyberbullying (Foto: Pixabay/webster27033)

SADAR atau tidak cyberbullying sering kali ditemukan di era digital saat ini. Fenomena tersebut bahkan jadi isu penting karena telah memakan banyak korban. Khususnya di kalangan remaja. Berangkat dari permasalahan tersebut, banyak pihak tengah mencoba mencari solusi untuk mengatasinya. Termasuk salah satunya Instagram.

Aplikasi berbagi foto dan video itu baru saja merilis fitur baru bernama restrict untuk platformnya. Fitur ini sebenarnya sudah dapat digunakan sejak bulan Juli 2019. Meski tidak semua orang dapat menggunakannya karena statusnya masih dalam uji coba.

Baca juga:

Waspada Pencurian Data! Ini Fakta Tentang Kebijakan Privasi di Instagram

Cara kerja fitur restrict sebenarnya tak berbeda jauh dengan fitur block yang sebelumnya sudah ada di Instagram. Hanya saja fitur restrict terkesan lebih halus dibandingkan fitur block. Apa maksudnya? Jadi, ketika kamu melakukan block pada seseorang, orang tersebut sama sekali tidak dapat melihat atau mencari akun Instagram milikmu. Dengan fitur restrict, mereka masih dapat melihat dan memberi komentar di unggahanmu.

Restrict, Fitur Anti-Bullying Terbaru Instagram
Komentar orang yang di'restrict' hanya dapat dilihat pengguna dan orang tersebut (Foto: Instagram)

Namun komentar orang yang telah di restrict hanya dapat dilihat oleh kamu dan dia saja. Orang lain tidak dapat melihat komentar tersebut. Setidaknya tidak sampai kamu mengizinkannya dilihat oleh publik. Kamu juga bisa menghapus komentar tersebut. Atau meninggalkan komentar tersebut dalam status pending.

Begitu juga dengan direct message yang ia kirim. Kamu tidak akan mendapatkan notifikasi dari akun yang kena restrict. Pesannya pun secara otomatis dipindahkan ke dalam message request.

Baca juga:

Instagram Menyembunyikan Jumlah Like dan View, Apa Alasan dan Dampaknya?

Jika kamu memutuskan untuk membalas pesan tersebut, orang yang kamu restrict tidak dapat mengetahui kapan kamu membalas pesan tersebut. Orang tersebut juga tidak dapat mengetahui apakah kamu sedang online atau tidak.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu tinggal menggeser ke kiri komentar dari seseorang, lewat tab privasi di pengaturan, atau lewat profil akun yang ingin kamu restrict.

Restrict, Fitur Anti-Bullying Terbaru Instagram
Instagram juga membuat stiker Create Don't Hate untuk dukung gerakan anti-bullying (Foto: Instagram)

Selain fitur ini, Instagram juga mengeluarkan stiker baru dalam rangka mendukung gerakan anti-bullying. Dalam stiker tersebut tertulis Create Dont Hate dan bisa digunakan dalam Instagram story. Untuk sementara fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia. Namun karena kabar ini disampaikan oleh Instagram sendiri lewat situsnya, seharusnya fitur ini akan tersedia secara global dalam waktu dekat. (sep)

Baca juga:

Cyberbully Mengintai Anak-Anak



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH