Restoran Satu-satunya di Madrid Ini Sukses Kenalkan Makanan Indonesia Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/oceannomada)

KALAU kamu ke Madrid, Spanyol, dan kangen makanan Indonesia, kamu bisa mencari Restoran Sabor Nusantara. Restoran tersebut merupakan tempat makanan khas Indonesia satu-satunya di Ibu Kota Madrid yang kini jadi primadona masyarakat lokal.

Restoran Sabor Nusantara terletak di Calle de Viriato, 39 Madrid, berjarak 100 meter dari stasiun kereta api bawah tanah Metro Iglesia di tengah kota Madrid.

"Pelangan kami memang kebanyakan kaum remaja Spanyol selain turis asing yang tengah berwisata ke Madrid," ujar pemilik Sabor Nusantara Rachmi Dwiyanti kepada Antara London.

1. Beragam makanan khas Indonesia jadi favorit warga Spanyol

Pengunjung berfoto di Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/fashranfauzi)
Pengunjung berfoto di Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/fashranfauzi)

Restoran Sabor Nusantara kini menjadi partner Kementerian Pariwisata dalam upaya mempromosikan kuliner Indonesia di Spanyol.

Pada bulan November, Rachmi Dwiyanti mendapat undangan ke Jakarta karena terpilih menjadi mitra resmi dari Wonderful Indonesia untuk mengikuti konferensi diaspora restoran Indonesia dari seluruh dunia.

"Makanan yang paling dicari adalah sambal dan lombok pedas. Makanan favorit mereka sate, soto, gado-gado, nasi goreng, dan rendang. Kerupuk juga menjadi camilan kesukaan," ujar Rachmi Dwiyanti akrab disapa Bu Ami.

2. Restoran Sabor Nusantara berawal jalan-jalan di Madrid

Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/sohirin_irin)
Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/sohirin_irin)

Pangsa pasar Sabor Nusantara memang masyarakat lokal. Tak banyak orang Indonesia di Madrid. "Tujuan kami memang ingin mengenalkan kuliner Indonesia walaupun harus selalu menjelaskan masakan tersebut ke pengunjung restoran," ujar Ami bersama suami Agus Widjiastono, keduanya pensiunan Repsol Exploration Oil & Gas Company.

Ami dan Agus Widjianstono mewujudkan mimpi membuka restauran setelah pensiun. "Kami berdua memang pegawai Repsol dan pensiun sejak tahun 2017," ujar Ami dan suami yang pernah mendapatkan beasiswa dari Pertamina ke Amerika.

Sebelum kembali ke Indonesia usai pensiun, ia dan suami jalan-jalan ke Spanyol. Selama jalan-jalan, Ami merasa terusik karena tidak ada restoran Indonesia di sana dan banyak rekannya di perusahaan minyak sering bertanya tentang restoran Indonesia. Dari sana muncul keinginan untuk membuka restoran Indonesia.


3. Mantap untuk mengenalkan kuliener Indonesia di Spanyol

Sajian bakso di Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/data85)
Sajian bakso di Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/data85)


Ami lahir di Surabaya dari keluarga pedagang atau swasta. Sementara sang suami kelahiran Magelang yang sejak kecil sampai SMA tinggal di Pontianak karena tugas orangtua seorang TNI AD.
Suami Ami, Agus Widjiastono, sebelumnya pernah bekerja menjadi juru masak di Restoran Thailand pun mempunyai impian yang sama untuk bisa membuka restauran Indonesia.

Suami Ami sebelumnya pernah bekerja menjadi juru masak di Restoran Thailand pun mempunyai impian yang sama untuk bisa membuka restauran Indonesia. Dengan cita-cita yang sama selepas pensiun, akhirnya mereka mantap untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di Spanyol.

Aturan di Spanyol tidak terlalu sulit. Mereka sengaja membeli sebuah restoran yang izinnya masih panjang sampai 2028.


4. Restoran Indonesia satu-satunya di Madrid

Pengunjung berfoto di depan Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/raphaelsmommy)
Pengunjung berfoto di depan Restoran Sabor Nusantara. (Foto: instagram.com/raphaelsmommy)

Pada awal berdiri, memang belum banyak yang tahu Restoran Sabor Nusantara. Namun pelan-pelan dan lama kelamaan, banyak orang di sekitar suka. Mereka mngatakan masakan Indonesia lezat.

Makanan-makanan yang sering dipesan antara lain kekeng Pontianak, sebagai pembuka berupa adonan udang dan ayam yang dibungkus kembang tahu, nasi goreng, sate ayam dan sate kambing serta soto Betawi.

Dalam menjalani usahanya, Ami dan suami mengaku lebih banyak senangnya karena berjumpa dan kenal dengan orang-orang, bahkan kenal orang Indonesia yang berkunjung ke Madrid. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menebus Rasa Bersalah, Dian Sastro Mulai Buka Usaha Kuliner Sehat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH