Restoran Saji Cepat Jepang Sediakan Wastafel untuk Cuci Ponsel

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 18 April 2023
Restoran Saji Cepat Jepang Sediakan Wastafel untuk Cuci Ponsel
WOSH dapat membersihkan 99,9% virus hanya dalam 30 detik. (Foto: YouTube/WOTA CORP)

UNIK. Restoran saji cepat di Jepang tidak hanya menyediakan wastafel untuk kamu cuci tangan. Ponsel kesayangan kamu kebersihannya juga dapat terjaga karena terdapat wastafel untuk mencuci ponsel pintar kamu di sana.

Sebuah cicitan viral di Twitter menampilkan stasiun pembersih telepon disematkan di wastafel McDonald's Jepang karena mensterilkan perangkat dalam hitungan detik.

Baca Juga:

Overwatch 2 Promosi Bareng McDonald's

Menurut penelitian dari University of Arizona, ponsel kita lebih mudah terkena bakteri dan bisa 10 kali lebih kotor daripada dudukan toilet. Maka dari itu, kebersihan ponsel juga harus tetap jadi prioritas.

“McDonald's belakangan ini tidak hanya memiliki tempat cuci tangan, tetapi juga tempat cuci smartphone,” cicit akun Twitter @shao1555.

McDonald's di Jepang tidak hanya menyediakan tempat cuci tangan, tetapi juga smartphone. (Foto: Twitter/@shao1555)

Dalam unggahan tersebut juga menampilkan video ilustrasi bagaimana alat ini membersihkan telepon. Hanya dengan meletakkan ponsel ke dalam slot yang kecil, kemudian ponsel akan diturunkan secara otomatis dan slot tersebut akan tertutup. Setelah selesai, mesin akan mengeluarkan ponsel secara perlahan dan siap untuk digunakan kembali.

Sistem ini disebut WOSH yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang WOTA. Sistem ini tidak hanya sebatas pembersih telepon, tetapi juga menggunakan kembali lebih dari 98 persen air yang digunakannya.

“Telepon yang bersih untuk tangan yang bersih. Sterilisasi 99,9 persen hanya dalam 30 detik,” tulis laman resmi WOTA mengenai inovasi tersebut.

Baca Juga:

Restoran Saji Cepat Jerman Jual Nugget Plant-Based

Secara otomatis, WOSH akan mensterilkan ponsel kamu saat mencuci tangan dengan Sinar Ultraviolet (UV-C) yang dapat mendisinfeksi setiap sudut ponsel.

Saat WOSH digunakan, pinggiran wastafelnya akan bercahaya untuk mendukung pencucian tangan yang benar. Saat kamu memulai untuk mencuci tangan, cincin wastafel akan menyala selama 30 detik sesuai dengan yang disarankan untuk membentuk kebiasaan kebersihan yang baik.

Semua fitur tersebut disempurnakan oleh teknologi untuk menjaga kualitas air tetap bagus. Virus dan kotoran pada air yang digunakan untuk mencuci tangan telah dihilangkan melalui tiga filter. Sensor tersebut dikendalikan oleh AI yang secara konstan memantau dan memastikan kualitas serta sistem airnya.

Wastafel ini diklaim oleh perusahaannya bahwa sangat cocok untuk digunakan di segala lokasi, dari restoran, toko ritel, taman bermain anak, kantor, hingga fasilitas medis. (vca)

Baca Juga:

Makanan Vegan dengan Unsur Seng

#Kuliner #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan