Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia Restoran dengan pemandangan bawah laut Nordic. (Foto: AF Consult)

MEWAH, besar, dan unik, merupakan tiga keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini. Terletak di pantai lepas Lindesnes, Norwegia, UNDER menjadi restoran bawah laut terbesar di dunia, dan juga menjadi restoran pertama di Eropa yang menyediakan makanan laut segar dengan pemandangan yang luarbiasa. Perbatasan antara laut dan tanah yang ditawarkan oleh UNDER ini diharapkan mampu membawa orang-orang untuk bisa lebih dekat terhadap alam, apakah kamu tertarik mengunjunginya?


1. UNDER, restoran bawah laut terbesar dan pertama di Eropa

restoran
Restoran ini terletak di Norwegia. (Foto telegraph.co.uk)


Restoran bernama UNDER merupakan restoran bawah laut terbesar di dunia dan menjadi yang pertama di Eropa. Meskipun begitu, Stig Ubostad, pemilik resto ini mengatakan bahwa UNDER lebih daripada itu semua. Ada tiga pilar yang didepankan dalam pembuatan restoran UNDER ini, antara lain adalah biologi kelautan, arsitektur, dan gastronomi.


2. Apakah bagian yang paling menantang dari sisi arsitektur?

restoran
Lokasi menjadi tantangan terbesar dalam pembukaan restoran ini. (Foto: The Business Times)


Menurut Kjetil Trædal Thorsen, sang arsitek, mengatakan bahwa tantangan dari pembuatan restoran ini adalah untuk menemukan bentuk dan lokasi yang kuat. Posisi itu dimaksudkan untuk dapat menahan bobot yang harus ditahan oleh bangunan itu. Karena lokasi yang sulit ditemukan, maka mereka tidak mau merusak tempat selagi membangunnya.

Thorsen menemukan solusi untuk melakukan konstruksi tanpa merusak lokasi, yaitu dengan menggunakan pipa. Jadi, pipa dibangun diatas tongkang, yang kemudian ditransportasikan ke lokasi dan diangkat dengan hati-hati ke titik fondasi yang terletak di lokasi. "Ini harus diletakkan secara sangat hati-hati untuk tetap mempertahankan pemandangan diatas dan dibawah air serta tidak merusak ekologi tempat tersebut." jelas Thorsen.


3. Apa saja pemandangan biota laut khas laut Nordic yang ditawarkan?

restoran
Menawarkan pemandangan dengan biota laut khas laut Nordic. (Foto telegraph.co.uk)

Kebanyakan orang tidak mengetahui apa yang ada di dalam laut Nordic. Namun pemandangan bawah laut yang terdapat pada restoran ini menawarkan kecantikan khas dari Norwegia bagian Selatan yang sangat berbeda.

Trond Rafoss, seorang peneliti yang bekerja di Norwegian Bio-economy Research Institute mengatakan bahwa mereka telah mencatat spesies apa yang akan muncul dan bisa disaksikan di area tersebut sebelum mereka menjalankan proyek restoran sebesar ini.

Rafoss mengatakan tamu akan mendapatkan pemandangan dan pengalaman yang berbeda dari ruangan besar bawah laut. Pemandangan itu seperti rumput laut coklat, hijau, dan merah di laut dingin Norwegia. Untuk biota laut, terdapat beraneka ragam ubur-ubur dan kepiting yang bisa kamu saksikan sambil menikmati hidangan nikmat makanan laut.


4. Hidangan yang berbeda

restoran
Bahan makanannya langsung diambil dari laut. Menu makanan yang tidak biasa dan unik. (Foto theguardian.com)

Nicolai Ellitsgaard, kepala koki UNDER mengatakan bahwa para koki akan menyajikan hidangan istimewa. Yakni berbagai masakan dari rumput laut dan juga daging ling roe khas Norwegia.

Hidangan yang disajikan menggunakan bahan makanan yang baru dipanen di pagi harinya setiap hari. Sehingga seluruh bahan-bahan masih sangat segar. (shn)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo