Otomotif
Restomod, Memoles Mobil Klasik jadi Josss! Restorasi dan modifikasi mobil bergaya klasik dengan teknologi kekinian. (Foto: gta5-mods)

MOBIL klasik punya pasarnya sendiri dan dianggap sebagai bentu investasi. Namun tak selamanya mobil klasik memiliki kondisi yang sempurna. Musuh terberat mobil klasik adalah karat dan kebocoran oli dari berbagai suku cadangnya.

Maka lahirlah istilah restoration and modification. Mobil-mobil klasik itu tidak hanya dibangun lagi ke kondisi awalnya, tapi juga dimodifikasi sesuai kekinian. Modifikasi yang terjadi biasanya pada bagian mesinnya, suspensi dan kenyamanan. Mobil-mobil berikut menurut laman Motor Junkie sudah melalui proses restomod yang berubah menjadi mobil berkelas.

Baca juga:

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Pribadi dan Taksi Online

Frontline MG LE50

mobil
Frontline MG LE50. (Foto: autocar)

Roadster asal Inggris tak pernah lapuk pesonannya meskipun banyak dekade berlalu. Namun kelemahan dari mobil klasik yang satu ini adalah body berkarat dan mesin yang lemah. Untungnya Frontline, perusahaan yang khusus membangun kembali mobil klasik mengerti betul bagaimana memoles mobil ini. Frontline menaikan level MG B dari sekedar klasik menjadi lebih modern. Makan lahirlah Frontline MG LE50. Tampilan luarnya seperti MG B atau GT Coupe, namun pada bagian dalamnya sama sekali baru. Mesinnya diganti dengan mesin Mazda Miata 2.0L empat silinder yang menyemburkan tenaga 214 dk. Modifikasi juga menyentuh suspensi dan rem. Dengan mesin itu mobil ini mampu melesat 0-100 kpj hanya dalam waktu 5,1 detik dan kecepatan maksimal menembus 250 kpj. Harga mobil ini lebih dari Rp1 miliar.

Alfaholics GTA-R

mobil
Alfaholics GTA-R. (Foto: topgear)

Salah satu mobil indah di tahun 1960an adalah Alfa Romeo Tipo 105 Coupe. Umurnya memang sudah lebih dari 50 tahun, namun masih jadi buruan orang. Sayangnya kebanyakan mobil ini dimakan oleh karat. Untungnya Alfaholic yang ada di England peduli dengan mobil-mobil klasik jenis ini. Tak mengherankan bila mereka sangat mengerti betul bagaimana harus merestorasinya dengan baik. DI tahun 2014 mereka mengeluarkan produk pertamanya GTA-R 29. Dari luar mobil ini tampak seperti Alfa Romeo GTA versi racing, namun bila diperhatikan mobil ini sudah mengalami banyak modifikasi. Mesin yang dipakai mesin Alfa 2.3L empat silinder twin cam, fuel injeksi dan individual throttle bodies. Tenaga yang dihasilkan mencapai 240 dk yang melalap sirkuit Nurburgring dibawah 8 menit.

Mechatronik Mercedes M-Coupe

mobil
Mechatronik Mercedes M-Coupe. (Foto: caranddriver)

Mobil model Gran Turismo pada seri Mercedes W111 coupe tak sekedar klasik namun juga penuh gaya. Tak ada cacat dari mobil ini, kualitas terbaik, interior yang nyaman dan sangat bergengsi di mata kolektor mobil. Meskipun demikian bila dibandingkan dengan era kini, tentunya ada kekurangannya seperti tingkat keamanan, lamban dan kurang dinamis.

Yang paling bisa menangani hal ini tetaplah orang-orang Jerman yang berada di Mechatronik Engineering yang berlokasi di Pleidelsheim. Mereka membangun mobil ini dengan memasukan mesin 5.5L supercharged V8, memodifikasi suspensi dan automatic climate control. Mereka juga memasukan sistem hiburan dan ABS. Kemudian sistem elektronik EBD dan BA diambil dari Mercedes S-Class tahun 2017. Harga mobil ini hampir mencapai Rp7,5 miliar.

Baca Juga:

Mobil Jadul yang Masih Oke Dikendarai Anak Muda

Singer Porsche 911

mobil
Singer Porsche 911. (Foto: motor1)

Di kalangan pecinta otomotif nama Singer Vehicle Design sangat santer terdengar. Kekhususan perusahaan ini adalah merestomod mobil Porsche. Tak hanya tampil seperti kondisi semula, namun menaikan derajat mobil-mobil Porsche kliennya. Salah satu mobil terbaik yang pernah digarap mereka mengubah Porsche akhir tahun 1980an atau awal tahun 1990an menjadi 911 tahun 1960an. Mesinnnya pun mereka upgrade menjadi lebih gahar tanpa menghilangkan citra dari Porsche. Harga termurah dari restomod disini sekitar Rp 6 miliar.

Eagle Speedster

mobil
Eagle Speedster. (Foto: roadandtrack)

Bila berbicara tempat restomod terbaik untuk Jaguar E-Type maka telunjuk mengarah pada Eagle E-Type. Mereka memang dikenal di seluruh dunia paling ahli dan jagonya dalam restorasi, modifikasi dan merawat E-Type. Namun revolusi segera terjadi ketika klien asal Amerika meminta mereka untuk membuat sesuatu yang berbeda dari yang biasanya. Dari sinilah kemudian lahir Eagle Speedster. Meskipun siluet E-Type masih samar terlihat, namun sepenuhnya sudah mengalami modifikasi. Seperti posisi duduk yang lebih rendah ketimbang mobil sejenisnya. Bobot mobil dikurangi hingga sekitar 2300 pounds dengan kekuatan semburan mesin mencapai 310 dk. Mobil ini dijual dengan harga Rp15 miliar. (psr)

Baca Juga:

5 Desain Mobil yang Mengukuhkan nama Shelby

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
WhatsApp Kedatangan Bot Pemberantas Hoaks Baru
Fun
WhatsApp Kedatangan Bot Pemberantas Hoaks Baru

WhatsApp Kedatangan Bot Pemberantas Hoaks Baru

10 Tahun Lagi di Inggris Hanya Ada Mobil Listrik
Fun
10 Tahun Lagi di Inggris Hanya Ada Mobil Listrik

Mobil baru berbahan bakar fosil tidak akan ada lagi di Inggris.

Terindikasi Corona, Idola Kpop Ini Dikarantina
ShowBiz
Terindikasi Corona, Idola Kpop Ini Dikarantina

Artis Korea menjalani masa karantina setelah dites corona

Taylor Swift Cetak Rekor Album Terlaris lewat ‘Folklore’ dan ‘Evermore’
ShowBiz
Taylor Swift Cetak Rekor Album Terlaris lewat ‘Folklore’ dan ‘Evermore’

Pertama kalinya seorang penyanyi perempuan memegang posisi satu dan dua di saat yang bersamaan.

4 Rekomendasi Film Bikin Kamu Betah #dirumahaja
ShowBiz
Tak Ada Kepala Charger di iPhone 12, Benarkah Efektif bagi Lingkungan?
Hiburan & Gaya Hidup
Tak Ada Kepala Charger di iPhone 12, Benarkah Efektif bagi Lingkungan?

Kamu harus mengeluarkan biaya lebih lagi untuk melengkapi iPhone 12-mu.

Cara Aman Cari Jodoh Lewat Platform Pencarian Jodoh
Fun
Cara Aman Cari Jodoh Lewat Platform Pencarian Jodoh

empat hal yang perlu kamu ketahui untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan aman lewat platform pencarian jodoh.

Mengintip Indahnya Fenomena 'Awan Pelangi' Langka di Jepang
Fun
Mengintip Indahnya Fenomena 'Awan Pelangi' Langka di Jepang

Sebuah awan mirip pelangi muncul di Jepang.

Kyuhyun Rilis Video Klip Baru dengan Konsep Sinematik
ShowBiz
Kyuhyun Rilis Video Klip Baru dengan Konsep Sinematik

Kyuhyun secara resmi mengumumkan bahwa ia akan merilis lagu bertema musim gugur

Rutinitas Pagi Ini Bikin Kamu Lebih Produktif
Fun
Rutinitas Pagi Ini Bikin Kamu Lebih Produktif

Mulai pagi hari dengan rutinitas ini.