Rest Area Jadi Pemicu Kemacetan di Karawang Kendaraan pemudik melintasi jalur pantura di Jalan Klari, Karawang, Jawa Barat, Selasa (12/6) (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Merahputih.com - Kapolres Kabupaten Karawang AKBP Slamet Waloya menyatakan kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H Lebaran, Jumat (15/6) dipicu antrean kendaraan yang masuk dan keluar temat istirahat atau rest area.

"Pada hari Lebaran ini, arus lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup padat. Tapi bisa diatasi, di antaranya dengan melakukan sistem lawan arus (contra flow)," kata Slamet di Karawang dikutip Antara.

Menurut dia, sejumlah titik yang mengalami kepadatan di antaranya titik menjelang "Rest Area" Kilometer 39 dan Kilometer 57. Untuk mengurai kemacetan, petugas PT Jasa Marga bersama pihak kepolisian memberlakukan "contra flow" mulai dari kilometer 35 hingga kilometer 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sebenarnya, kepadatan terjadi di titik menjelang gerbang Tol Cikarang Utama hingga memasuki "Rest Area" Kilometer 39 dan Kilometer 57. Selepas "rest area" hingga memasuki Tol Cipali dan Tol Cipularang, kondisi arus lalu lintas ramai lancar.

Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sendiri menjelaskan bahwa pada H-1 Lebaran 2018 atau Kamis (14/6), jalur mudik di wilayah Karawang cenderung lancar. Tidak terjadi kepadatan yang berarti, karena puncak musim mudik tahun 2018 ini sudah terjadi pada H-2 Lebaran.

Kendaraan pemudik memperlambat laju kendaraannya saat melintasi jalur Pantura, di kawasan Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/6) malam. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Dishub mencatat 1.116.758 pemudik menggunakan sepeda motor telah melintasi jalur mudik wilayah Karawang selama H-7 hingga H-2 Lebaran 2018. "Catatan kami, ada sekitar 1,1 juta pemudik sepeda motor yang melintas selama H-7 sampai H-2 Lebaran atau Rabu (13/6)," kata Kepala Dinas Perhubungan Karawang Arief Bijaksana Maryugo di Karawang, Kamis (14/6).

Seluruh kendaraan yang tercatat itu ialah kendaraan sepeda motor pemudik yang melintasi jalan arteri dan jalur khusus sepeda motor. Untuk total kendaraan, sepeda motor dan mobil, yang melintasi jalan arteri Karawang pada H-7 sampai H-2 Lebaran 2018 mencapai 1.287.882 unit kendaraan pemudik.

Jika dibandingkan dengan tahun 2017 maka kendaraan pemudik yang melintasi jalan arteri Karawang menurun sekitar 6 persen. Pada musim mudik Lebaran 2017, tercatat 1.362.456 kendaraan pemudik yang melintasi jalur mudik non-tol di Karawang. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH