Respons KPAI Soal Pawai Anak TK Bercadar dan Bawa Senjata Para komisioner KPAI berikan keterangan terkait bacaleg di Menteng, Jakarta Pusat (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Viral sebuah foto dan video di media sosial (Sosmet) Pawai Anak TK dan Paud yang Bercadar dan membawa senjata laras panjang mainan saat memperingati HUT RI Ke-73 di Kota Probolinggo Sabtu (18/8) kemarin.

Atas peristiwa itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) minta kepada pihak Kodim 0820 Probolinggo sebagai pembina TK Kartika V memberikan sangsi tegas kepada pihak sekolah.

"Karena pihak sekolah tanpa koordinasi telah menggunakan atribut cadar dan replika senjata dalam kegiatan karnaval," kata Ketua KPAI, Susanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/8).

foto: Facebook

Lebih lanjut, KPAI meminta kepada Kantor Kementrian Agama Kota Probolinggo untuk melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah tentang ajaran Islam yang rahmatan lil 'alamiin.

"Simbolisasi Islam dan ajaran Rasulullah agar tidak dinisbatkan pada simbol kekerasan sebagaimana sering diasosiasikan dengan simbol Taliban atau ISIS," tuturnya.

Susanto menuturkan, KPAI menyayangkan alasan pihak Sekolah yang mengangkat tema bersama perjuangan Rasullullah.

"Kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai pembenaran pemakaian atribut yang biasa dilekatkan kepada kelompok ISIS padahal kegiatan yang sedang diselenggarakan adalah Pawai Budaya dalam Rangka HUT RI ke-73. Harusnya, pawai budaya yang sesuai dengan khasanah budaya Indonesia," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH