Inspirasi

Resolusi untuk Hidup Lebih Baik

Muchammad YaniMuchammad Yani - Minggu, 31 Desember 2017
Resolusi untuk Hidup Lebih Baik
(Pixabay.com)

MENJELANG pergantian tahun, sebagian besar orang membuat daftar panjang resolusi untuk tahun mendatang. Tujuannya agar mereka memiliki hidup yang lebih baik dan berkualitas di tahun berikutnya. Supaya hidup lebih fit dan sehat, berikut sejumlah resolusi yang diusulkan oleh pakar kesehatan dunia:

1. Makan Lebih Banyak

(Pixabay.com)

Direktur Food Trainers, Lauren Slayton mengusulkan kita untuk makan lebih banyak. Ia menyarankan kita untuk lebih banyak makan makanan bergizi. Pakar nutrisi New York City ini memberi contoh sejumlah makanan yang perlu kita tambahkan di hidangan kita agar lebih sehat dan variatif. Makanan tersebut antara lain makanan yang kaya akan probiotik seperti cuka apel dan yogurt. Makanan yang mengandung probiotik disinyalir mampu memperbaiki mood kita dan mengurangi nafsu makan.

2. Tidur Lebih Cepat dari Sebelumnya

(Pixabay.com)

Aktivitas yang padat terkadang membuat kita melanggar janji kita sendiri untuk tidur delapan jam perhari. Readers Digest mengusulkan kita untuk tidur lebih cepat 15 menit dari hari sebelumnya. "Terus lakukan itu secara konstan akan lebih mudah daripada berjanji untuk tidur tepat jam 10 besok," ucap tenaga medis di NYU Langone Medical Center. Dengan mensugesti diri seperti itu setiap harinya, tanpa sadar kita akan tidur lebih cepat satu setengah jam.

3. Bersihkan Pikiran

(Pixabay.com)

Salah satu resolusi yang biasanya berakhur tanpa realisasi adalah menjadi pribadi yang lebih terorganisir dan rapi. Seorang psikolog di University of Southern California, Sherry Blair memaparkan orang yang dalam tekanan, stres, depresi dan panik enggan menjaga kebersihan lingkungannya. Lakukan meditasi sekali setiap harinya. Menurut data yang dipublikasikan oleh JAMA Internal Medicine, 3515 orang dewasa tak lagi merasa depresi setelah rutin melakukan meditasi 30 menit setiap hari. "Ketika mereka mulai merapikan ruangannya, dapat dikatakan bahwa kondisi mental mereka sudah lebih baik," ungkap Blair.

4. Bergerak Dengan Rajin Jalan Kaki

(Pixabay.com)

Work out dan work out. Itulah salah satu resolusi yang kerap dimasukkan dalam list para gym junkie. Resolusi tersebut terkesan cukup membebani. Daripada memaksakan diri untuk rutin work out setiap hari, cobalah menggantinya dengan rutin berjalan kaki setiap hari. Menghitung langkah setiap hari jauh lebih efektif daripada memaksakan diri untuk work out setiap hari. "Berjalan lebih sering dan lebih lama setiap hari memudahkan kita untuk mencapai tujuan memiliki berat badan ideal," tutur Direktur Program Exercise, Shannon Fable. Pakar nutrisi Rania Batayneh menambahkan jika tubuh ideal akan diraih melalui gaya hidup yang sehat daripada hanya mengurangi makanan.

5. Tulislah Hal-Hal Menyenangkan

"Menjadi lebih bahagia" menjadi daftar paling atas resolusi tahunan. Nyatanya, fokus mengejar hal-hal yang membuat kita akan lebih bahagia hanya membuang-buang waktu. Tulislah hal-hal yang membuat kita bersyukur setiap paginya. "Tak peduli seberapa berat tantangan yang sedang kita hadapi, tulislah hal-hal yang sudah kita miliki dan bisa kita syukuri," papar psikolog Nardhini. Rasa syukur akan membuat kita lebih puas akan kehidupan kita dan lebih bahagia. Para peneliti mengungkapkan, orang-orang yang selalu bersyukur dan menuliskan hal-hal yang membuat mereka bersyukur akan tidur lebih nyenyak, olahraga lebih rutin, dan jarang ke dokter.

Demikian resolusi sederhana yang dikemukakan para pakar kesehatan dunia. Kita tak perlu membuat resolusi yang complicated. Dengan membuat resolusi yang jauh lebih sederhana, kemungkinan untuk memenuhi satu persatu daftar yang dibuat akan lebih besar. Hidup kita pun akan jauh lebih berkualitas dan bermakna. (Avia)

#Resolusi Tahun Baru #Tahun Baru 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan