Resolusi Tahun Baru Jangan Cuma Jadi Wacana Lakukan hal kecil yang tidak memberatkan Anda (Foto: pixabay)

PERGANTIAN tahun kurang dari seminggu lagi. Selain ingin merayakan kemeriahan perayaan Tahun Baru, ada satu hal yang menjadi keinginan setiap orang. Hal tersebut ialah resolusi tahun baru.

Setiap orang tentunya memiliki resolusi setiap tahun baru. Seperti menjadi lebih baik, lebih sehat, memiliki pekerjaan lebih baik dan masih banyak lagi.

Seandainya resolusi tersebut benar-benar tercapai akan terjadi perubahan yang amat signifikan dalam hidup Anda.

Sayangnya, banyak sekali resolusi tahun baru hanya menjadi sebuah wacana. Segala keinginan tidak ada yang tercapai, bahkan hingga yang paling termudah.

Beberapa faktor penyababnya biasanya ialah keinginan yang terlalu 'tinggi', sehingga resolusi tak terencana, dan bisa juga resolusi itu ada karena saran dari orang.

Resolusi tahun baru seharusnya dibuat berdasarkan rencana yang matang. Juga harus datang karena keinginan sendiri, bukan karena orang lain.

Jadi bagaimana agar resolusi tahun baru menjadi nyata? Berikut cara yang bisa Anda lakukan berdasarkan laman NDTV.

1. Lakukan hal kecil

(Foto: pixabay)

Tidak perlu yang susah-susah ya. Mempunyai resolusi yang 'kecil' saja sudah cukup. Misalnya Anda ingin memiliki tubuh sehat. Tidak perlu Anda memiliki target berolahraga 2 jam setiap harinya. Memiliki target berolahraga selama 30 menit dalam satu hari saja sudah cukup, tidak perlu muluk-muluk.

2. Coba dengan konsisten

(Foto: pixabay)

Menjadi konsisten dalam melakukan sesuatu memang sulit. Misalnya Anda ingin kurus dengan mengurangi porsi makan. Langkah Anda ialah dengan mengurangi porsi makanan berlemak sebanyak-banyaknya. Namun, Anda melakukan itu hanya dalam waktu sebulan karena menurut Anda terlalu berat. Lebih baik Anda mengurangi makanan berlemak dengan porsi kecil, tapi konsisten hingga beberapa bulan berikutnya.

3. Lakukan yang benar-benar Anda mau

(Foto: pixabay)

Sederhana tapi sulit. Anda harus jujur resolusi yang Anda buat sekedar suatu tren atau keinginan orang lain? Jika demikian jangan Anda lakukan resolusi tersebut. Tanya pada diri Anda sendiri apa yang Anda mau. Fokus dengan keinginan Anda itu dan jangan 'menyontek' resolusi orang lain. Hidup Anda adalah milik Anda.

4. Coba hal yang menyenangkan

(Foto: pixabay)

Jangan merasa terpaksa dalam menjalani resolusi tahun baru Anda. Misalnya jika Anda ingin memiliki tubuh bugar. Anda pun memilih untuk rutin mengikuti olahraga yang sebenarnya tidak Anda suka seperti aerobic atau yoga. Jika Anda hobi basket mulai lah bermain basket jadikan basket sebagai 'fasilitas' kebugaran Anda. Atau jika Anda menyukai kickboxing, mengapa tidak mencari klub kickboxing?

Sahabat Merah Putih jangan jadikan resolusi tahun baru sebagai beban. Nikmati prosesnya dan dapatkan hasilnya.

Baca juga artikel lainnya Makanan ini Picu Penurunan Berat Badan, Apa Ya?

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH