Resolusi Idul Fitri, Yuk Bijak Ber-WhatsApp Bijak ber-WhatsApp. (Foto: Pixabay/antonbe)

CHATTING lewat WhatsApp tidak bisa dilepaskan dari komunikasi sehari-hari. Sayang, tidak selamanya komunikasi lewat aplikasi chatting ini lancar. Salah memakai istilah, bisa-bisa kamu berselisih paham dengan lawan bicara.

Nah, di hari yang fitri ini, yuk bikin resolusi. Menjauhkan diri dari kesalahpahaman saat chatting lewat WhatsApp. Mau tahu caranya? Hindari hal-hal berikut ini selama chatting.

Protes

Kritik
Hindari mengkritik lewat WhatsApp. (Foto: Pixabay/Geralt)

Pernah protes lewat WhatsApp, lalu ujung-ujungnya berantem dengan lawan bicara? Yup, protes saat chatting memang berpeluang besar memicu perselisihan. Salah pilih istilah dan membuat kalimat, lawan bicara bisa tersinggung.

Kamu lebih baik protes saat bertemu langsung dengan orangnya atau lewat telepon. Tetapi tetap gunakan intonasi yang tepat agar tidak menimbulkan perkelahian.

Mengejek

Mungkin kamu menganggap mengejek sebagai candaan. Namun, tidak semua orang terbiasa bercanda dengan ejekan. Alhasil, kamu bukan dapat teman bercanda. Tetapi malah dapat musuh akibat temanmu kesal dengan ejekanmu.

Kuncinya adalah kenali teman yang diajak chatting agar kamu tahu bagaimana harus bersikap.

Minta maaf

Merasa bersalah dan ingin minta maaf? Sebisa mungkin tidak melalui WhatsApp. Karena, ada beberapa persoalan yang sulit dijelaskan melalui chatting. Kamu lebih baik mengajaknya bertemu empat mata atau meneleponnya.

Dengan begitu, ketika ada salah ucap lagi, kamu bisa segera memperbaikinya.

Tanya perasaan

Merasa pernah menyakiti pasangan? Kemudian penasaran ingin tahu si dia marah atau tidak. Tanyakan langsung saat bertemu empat mata dengannya. Jika belum sempat bertemu, gunakan video call atau telepon.

Jangan pakai WhatsApp. Kamu bukannya mendapat jawaban. Si dia malah berusaha keras ‘ngeles’.

‘Mutusin’ kekasih

Ini juga haram. Hindari memutuskan kekasih lewat WhatsApp. Aturan ini berlaku keras buat cowok. Enggak gentle! Apalagi kalau kamu nembaknya ngomong langsung. Wah, makin kelihatan kalau kamu enggak gentle.

Rahasia

Rahasia
Jangan umbar rahasia di WhatsApp. (Foto: Pixabay/AllClear55)

Mengumbar rahasia lewat WhatsApp benar-benar terlarang. Kamu tidak tahu apakah ‘chattingan’ mu aman atau tidak. Bisa saja lawan bicaramu membuat screenshot isi pesanmu. Lalu menyebarkannya kepada orang lain.

Atau, orang yang sedang kamu bicarakan. Kalau sudah begini, rahasiamu tidak lagi menjadi rahasia. Dan kamu juga bisa berkonflik dengan orang yang dibicarakan.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH