Kesehatan

Resolusi Diet Terbaik untuk Kesehatan Fisik dan Mental di 2022

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 14 Januari 2022
Resolusi Diet Terbaik untuk Kesehatan Fisik dan Mental di 2022
Kenali Diet Terbaik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental di 2022(Foto: Pixabay/publicdomainpictures)

SETIAP tahun US News & World Report bekerjasama dengan para ahli kesehatan, nutrisi dan diet, memberi peringkat gaya makan paling terkenal, untuk menghasilkan diet keseluruhan terbaik.

Seperti yang dikutip dari laman Psychologytoday, tahun ini diet mediterania menduduki peringkat pertama, yang mengarah pada nominasi sebagai 'Diet Keseluruhan Terbaik'. Diet mediterania, merupakan diet yang menekankan pada makanan segar, khususnya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Baca Juga:

Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial

Ada beberapa jenis diet yang perlu diketahui (Foto: Unsplash/yunma)

Diet yang satu ini pun rendah gula, rendah lemak jenuh, dan memiliki gizi seimbang. Hal itu sudah terbukti dari tahun ke tahun sebagai rencana makan 'terbaik dari yang terbaik', khususnya bagi kebanyakan orang yang mencoba menjaga tubuh serta otak dalam kondisi prima.

Kemudian yang kedua ialah Diet Dietary Approach to Stop Hypertension (DASH), yang dirancang menurunkan atau mencegah tekanan darah tinggi, dengan cara menurunkan tekanan diastolik dan sistolik. Metode diet ini yakni dengan mengurangi kandungan natrium atau garam dalam makanan yang dikonsumsi

Diet seimbang tersebut sedikit mirip dengan mediterania, dan telah terbukti mendukung kesehatan jantung, menurunkan risiko stoke, serta membantu mencegah atau mengelola diabetes tipe 2 dan obesitas.

Ketiga diet pikiran. Diet yang satu ini dirancang untuk membantu atau mengatasi gejala penyakit Alzheimer dan demensia. Diet tersebut berdasar pada diet Mediterania dan DASH, namun pada penekanan kuat pada makan makanan tertentu. Seperti halnya kacang-kacangan, ikan, dan beri beberapa kali dalam setiap mingu.

Baca Juga:

Diet Aman dan Sehat Ala Dokter Reza Gladys

Nutrisi harus seimbang pada saat diet (Foto: Pixabay/congerdesign)

Keempat diet vegetarian, menurut US News & World Report dan beberapa sumber lainnya, kebanyakan vegetarian ialah vegetarian 'lacto-ovo', yang berarti mereka tidak makan daging, ikan, maupun unggas. Namun, mereka memakan telur dan produk susu. Diet vegetarian lacto-ovo yang seimbang, akan memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk tetap bugar.

Sementara itu, diet yang kelima diet nordik. Inti dari diet nordik adalah makanan musiman yang diproduksi secara lokal. Dalam hal ini seperti makanan segar dan alami dari alam liar, atau dari laut serta danau terdekat. Langkah tersebut juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian tradisional Skandinavia untuk melindungi lingkungan.

Orang Skandinavia bisa menyesuaikan diet nordik untuk diri mereka sendiri, dengan cara menghindari makanan olahan dan aditif, dengan mengonsumsi lebih banyak makanan segar, alami, dan utuh yang bersumber dari lingkungan sekitar. (Ryn)

Baca Juga:

Tiga Nutrisi Penting yang Tak Boleh Terlupakan Saat Diet

#Lipsus Resolusi Refleksi Januari #Diet #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan