Resolusi 2023, Berhenti Merokok!

Febrian AdiFebrian Adi - Sabtu, 31 Desember 2022
Resolusi 2023, Berhenti Merokok!
Berhenti merokok butuh dukungan dari keluarga dan kerabat dekat. (Foto: Unsplash/Koli)

TAHUN 2023 hanya tinggal menghitung hari. Menyambut perubahan tahun, beberapa orang merayakan momen ini dengan berbagai resolusi, termasuk untuk kesehatan. Para perokok aktif biasanya menjadikan momen ini sebagai pacuan untuk berhenti merokok sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat pada tahun-tahun berikutnya.

Dilansir dari Antara, Guru Besar Spesialis Paru FKUI, Prof Tjandra Yoga Aditama, mengatakan, di antara sederet resolusi yang ingin dicapai di 2023 mendatang, salah satunya tentang kesehatan dan berhenti merokok selalu ada.

“Memang kadang-kadang ada keluhan bahwa berhenti merokok tidak mudah. Hal ini tidak sepenuhnya benar,” ungkap Tjandra.

Baca juga:

Inggris Punya Strategi Unik untuk Bantu Warganya Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa jadi resolusi kesehatan di 2023. (Foto: Unsplash/Ahmed Zayan)

Menurutnya, dengan niat yang sangat kuat, seseorang pasti bisa berhenti merokok, terutama bila mendapatkan dukungan dari keluarga atau kerabat terdekatnya. Secara metodologi ,setidaknya ada tiga cara untuk berhenti merokok.

Yang pertama, dengan upaya sendiri, seseorang dapat langsung berhenti total. Cara ini seringkali lebih tinggi angka keberhasilannya, tapi juga kemungkinan kambuh lebih besar.

Karena itu, apabila sudah berhasil berhenti merokok secara langsung tanpa bertahap, harus ada kegiatan kompensasi sesudahnya seperti konsumsi buah, olahraga, dan lainnya agar keinginan untuk kembali merokok tidak kambuh.

Cara selanjutnya, turun bertahap, lalu berhenti. Dengan cara ini, angka kekambuhan lebih kecil dan angka keberhasilan juga mungkin tak sebesar bila dibandingkan dengan cara berhenti total langsung.

Baca juga: 5 Hal yang Membantu Kamu Saat Berhenti Merokok

Banyak cara yang dilakukan untuk berhenti merokok. (Foto: Unsplash/Jacon Capener)

Prof Tjandra menyarankan, untuk meningkatkan angka keberhasilannya, maka bisa dengan menentukan jam atau waktu merokok dalam satu hari. Ini berarti seseorang hanya boleh merokok pada jam yang ditentukan, bukan pada waktu ingin merokok.

“Tetapkan secara pasti berapa penurunan jumlah batang rokok yang dihisap dari waktu ke waktu serta kapan tanggal untuk akhirnya berhenti dan tidak merokok lagi,” lanjutnya.

Upaya ini melibatkan penuh keluarga dan kerabat untuk ikut mengawasi dan mengingatkan jadwal penurunan batang rokok yang dihisap. Keluarga juga dapat mengawasi tentang kepatuhan waktu si perokok terhadap kesepakatan tanggal untuk berhenti merokok.

Selain itu, dalam mengupayakan berhenti merokok bisa melalui bantuan ahli, baik petugas kesehatan, psikolog, atau motivator berhenti merokok lainnya.

“Cara yang dipakai antara lain dengan konsultasi perorangan atau kelompok, bantuan lewat telepon, pemanfaatan brosur dan tips tertentu , dan lain-lain. Juga bisa dilakukan melalui dukungan kegiatan spiritual dan pendekatan tertentu,” tutup Tjandra. (far)

Baca juga:

5 Makanan Sehat untuk Membantu Berhenti Merokok

#Rokok #Resolusi Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan