Kesehatan

Jangan Tunda lagi, Ayo Mulai 'Clean Eating' demi Tubuh Lebih Sehat

annehsannehs - Jumat, 07 Januari 2022
Jangan Tunda lagi, Ayo Mulai 'Clean Eating' demi Tubuh Lebih Sehat
Jangan tunda lagi, ayo miliki gaya hidup sehat sekarang. (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

MEMILIKI gaya hidup yang lebih sehat termasuk ke dalam Top 10 resolusi tahun baru 2022 bagi orang Indonesia. Menurut studi yang dilakukan oleh JAKPAT Survey Report terhadap lebih dari 1.100 responden, 45% dari mereka ingin berolahraga lebih rutin dan 43% dari responden juga ingin makan makanan yang lebih sehat.

Keinginan memiliki gaya hidup yang lebih sehat ini pun bisa jadi merupakan salah satu resolusi tahun baru kamu yang selama ini tertunda terus. Maklum, ajakan makan sate taichan dan sop kambing oleh teman-teman di malam hari yang gabut membuatmu batal melakukan intermittent fasting. Belum lagi rasa engga enak ketika menolak ajakan teman kantor untuk ikutan membeli es kopi supaya dapat promo.

Perbanyak makan sayur (Foto: pixabay/RitaE)
Kamu harus bisa memiliki kontrol pada tubuhmu sendiri. (Foto: Pixabay/RitaE)

Alhasil, kamu semakin jauh dengan pola makan yang sehat dan gagal lagi dalam meraih body goals yang sudah kamu impikan sejak bertahun-tahun lalu. Jangan tunda lagi, jadikan 2022 menjadi masa yang menantang. Ini juga bisa menjadi cara yang tepat untuk pengendalian diri, termasuk menahan godaan untuk membeli milk tea yang gerainya baru buka di dekat rumah atau berani menolak ajakan nge-wine pada akhir minggu bersama teman-teman.

Baca juga:

5 Akibat dari Makan Terlalu Cepat

Selain bisa menyehatkan tubuh, gaya hidup sehat juga bisa membuatmu mengirit pengeluran. Memang, beberapa orang mengatakan bahwa makanan sehat itu cenderung mahal, dan rasanya pun tidak enak.

Dikutip dari Healthline, kamu bisa merencanakan menu makanan selama satu minggu dan belanja bahan yang dibutuhkan saja untuk mengurangi biaya yang besar. Dengan begini, kamu bisa mengolah dan memasak makananmu sendiri setiap hari. Biasanya, pengeluaran yang besar adalah ketika kamu harus memesan makanan sehat di restoran yang harganya cenderung mahal. Jangan malu untuk membawa bekal makanan sehat yang sudah kamu olah dan masak di rumah.

Baca Juga:

3 Hal yang Harus Dibiasakan Setelah Bebas dari Behel

Tips selanjutnya adalah jangan jajan sama sekali ketika kamu lapar. Jika ingin menurunkan lemak dan memangkas beberapa kilogram, kamu bisa memadukan olahraga, makan sehat, dan intermittent fasting atau berpuasa. Jika ingin ngirit, kamu bisa berpuasa selama berada di kantor untuk menahan godaan nyemil bersama teman-teman kantor. Jika waktu diluar rumah kamu habiskan untuk berpuasa, maka kamu juga bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

makan
Hindari makan siang bersama yang biasanya kurang sehat. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Sumber makanan untuk memenuhi asupan protein juga cenderung mahal karena diperoleh dari daging. Dikutip dari Healthline, kamu bisa mengatasinya dengan cara membeli potongan daging yang harganya murah seperti ayam utuh, daging giling, top sirloin steak, atau daging unggas. Daging ini bisa diolah menjadi hidangan sup, semur, dan ditumis dengan kentang.

Kamu juga bisa mengonsumsi telur, kacang-kacangan, atau ikan kaleng sebagai sumber protein.

Dengan begitu, kamu bisa menjalankan resolusi hidup sehat dengan cara memperbaiki pola makan yang lebih sehat dan bergizi, berolahraga dengan mengikuti program gratis dari internet, sambil memangkas pengeluaran untuk tabungan yang lebih banyak. (SHN)

#Januari +62 Bicara Yang Tertunda #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan