Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Jokowi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banten

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 16 November 2021
Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Jokowi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banten
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seski I Ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11). (ANTARA/Indra Arief)

MerahPutih.com - Jalan tol Serang-Panimbang seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (16/11).

Kepala Negara menjelaskan, pembangunan infrastruktur ini adalah faktor penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga

11 Ruas Jalan Tol Baru Akan Tuntas Hingga Akhir 2021

"Saya yakin ini menjadi pengungkit ekonomi di Provinsi Banten khususnya terutama di sekitar jalan tol ini yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang," ucap Jokowi saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa.

Jokowi bilang, infrastruktur merupakan fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain. Tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain kalau index competitivenessnya lebih rendah.

"Karena apapun tanpa infrastruktur barang-barang yang ada ini harganya akan lebih tinggi itulah yang kita kejar," jelasnya.

Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11). Foto: Setkab

Maka dari itu, menurutnya, kalau infrastruktur Indonesia baik maka barang-barang yang dipunya daerah juga akan terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah.

"Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik," ucapnya.

Setelah seksi 1 selesai, Jokowi mengatakan akan dilanjutkan dengan seksi 2 yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer (Km) dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 Km.

"Target pembangunan proyek tol tersebut akan rampung pada akhir 2023 mendatang," kata Jokowi. (Asp)

Baca Juga

Sebelum Tutup Tahun 2021, Jalan Tol ke Bandara Kertajati Sudah Rampung

#Presiden Jokowi #Pembangunan Jalan Tol
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan