Resmikan Patung Teuku Umar, Ini Pesan Panglima TNI

Bahaudin MarcopoloBahaudin Marcopolo - Kamis, 21 Mei 2015
Resmikan Patung Teuku Umar, Ini Pesan Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko mengunjungi Pulau Rondo, di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kamis (21/5) untuk meresmikan patung Teuku Umar. (foto: Puspen TNI)

MerahPutih Nasional - Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi para Asisten Panglima TNI dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya mengunjungi Pulau Rondo, pulau terdepan Indonesia yang terletak di ujung utara wilayah Barat Indonesia, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kamis (21/5) untuk meresmikan patung Teuku Umar.

Bersama dengan Wali Kota Sabang Zulkifli H. Adam dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto Panglima TNI meresmikan Patung Pahlawan Nasional dari Aceh, di Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

"Keberadaan Patung Teuku Umar akan memberi peringatan bahwa siapapun tak boleh mengganggu wilayah Indonesia. Sejarah perjuangan Teuku Umar diharapkan mampu mengingatkan prajurit TNI dan masyarakat kepada perjuangan yang berdarah-darah pada masa penjajahan dulu”, kata Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengulangi ucapan Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengenai pentingnya mengingat sejarah dengan istilah ‘Jas Merah’ alias ‘jangan sekali-sekali melupakan sejarah’. Jenderal TNI Moeldoko bahkan menginginkan adanya patung-patung pahlawan lain, yang ditemp‎atkan di pulau-pulau terdepan Indonesia. “Saya berharap ada penempatan lagi, setidaknya di 10 pulau terluar”, ujarnya.

"Ini untuk mengingatkan bahwa NKRI dipertahankan dengan segala kemampuan yang ada. NKRI direbut melalui pertumpahan darah, melalui pengorbanan luar biasa, kita harus tetap menjaga kewaspadaan," sambung Jenderal bintang tersebut.

Usai peresmian patung pahlawan Teuku Umar, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memberikan pengarahan kepada 1.600 Prajurit dan PNS TNI se-Garnisun Banda Aceh, di Markas Kodam Iskandar Muda.

Dalam pengarahannya, Panglima TNI kembali menegaskan agar diantara Prajurit TNI jangan ada rasa ego sektoral, dan seluruh Prajurit serta PNS TNI termasuk keluarganya jangan sampai terlibat dalam penggunaan Narkoba. Sebelum meninggalkan Markas Kodam Iskandar Muda, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyerahkan penggunaan dua kendaraan taktis untuk pasukan Raider. (bhd)

BACA JUGA:

Sepanjang 2014, Pelanggaran Desersi Prajurit TNI Meningkat 

Kunjungan Moeldoko dan Badrodin Haiti ke Timor Leste

 

 

#Patung Teuku Umar #Jenderal Moeldoko #Panglima TNI
Bagikan
Bagikan