Resmikan Nama Stasiun ASEAN, Anies: Komitmen Indonesia Berperan di Level Regional Anies Rasid Baswedan saat meresmikan nama stasiun ASEAN. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasid Baswedan meresmikan langsung perubahan nama Stasiun Sisingamangaraja menjadi Stasiun ASEAN.

Dalam pergantian nama tersebut, Anies didampingi oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mochammad Fachir.

Orang nomor satu di ibu kota itu mengungkapkan, perubahan nama Stasiun itu lantaran kota Jakarta selain sebagai ibu kota Indonesia, juga sering digunakan untuk pertemuan-pertemuan tingkat ASEAN.

Perwakilan ASEAN
Anies Rasid Baswedan saat meresmikan nama stasiun ASEAN. (MP/Asropih)

"Begitu banyak pertemuan-pertemuan Asia Tenggara yang punya potensi untuk diselenggarakan di Jakarta. Karena itu kita berharap, melalui penamaan ini menguatkan komitmen Indonesia untuk berperan di level regional," ujar Anies di Stasiun ASEAN, Jakarta Selatan Rabu (10/4).

Anies menuturkan, ASEAN sering melakukan pertemuan-pertemuan delegasi. Hampir lebih dari 600 pertemuan dalam setahun dan kebanyakan terjadi di kota Jakarta.

"Ada 1600 pertemuan di Asia Tenggara dan 500 pertemuan diselenggarakan di Jakarta, kita di Jakarta adalah tuan rumah," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap dengan penamaan baru Stasiun ASEAN di Pemprov DKI makin sadar bahwa memiliki peran di ASEAN. "Kita makin sadar atas peran yang kita miliki itu," ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mochammad Fachir mengapresiasi langkah pemprov DKI yang merubah nama Stasiun Singsingamangaraja menjadi ASEAN.

"Artinya kalau sekarang hanya sekitar 500 (pertemuan) kedepan akan lebih banyak lagi. Artinya itu bisa memberikan nilai ekonomi tersendiri buat Jakarta," tutupnya (Asp)

Baca Juga: PDIP Akan Balas Anies Baswedan

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH