Resmikan JPO Sepeda Phinisi Sudirman, Anies: Dulu Kondisinya Memprihatinkan

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 Maret 2022
Resmikan JPO Sepeda Phinisi Sudirman, Anies: Dulu Kondisinya Memprihatinkan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan JPO dan Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPS) Tematik Phinisi Karet Sudirman, pada Kamis sore (10/3). Foto: Humas Pemprov DKI

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPS) Tematik Phinisi Karet Sudirman, pada Kamis sore (10/3).

Anies mengatakan, proses revitalisasi jembatan melewati berbagai tahap, yakni tahap perancangan sejak 2019, lalu proses eksekusi pada April hingga Desember 2021, dan peresmian hari ini.

Baca Juga

Anies Cabut Pengajuan Banding Putusan PTUN soal Keruk Kali Mampang

Revitalisasi dilakukan lantaran kondisi eksisting JPO sebelumnya telah mengalami kerusakan, pelemahan struktur, dan tampilan yang telah kusam sehingga tidak layak dan tidak aman untuk digunakan.

"Sebelum direvitalisasi, keberadaan JPO ini sangat memprihatinkan. Dengan adanya jembatan penyeberangan ini, mereka yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bisa punya akses di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat," ujar Anies.

Anies menjelaskan, JPO/JPS tersebut dibangun dengan konsep modern, dilengkapi anjungan bertema Kapal Phinisi dan galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi COVID-19 untuk menyelamatkan sesama.

"Sebagian dari mereka telah berpulang, dan nama-nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan," tutur Anies.

Anies juga berharap, dengan keberadaan JPO/JPS Phinisi ini akan menjadikan Kota Jakarta sebagai kota tangguh, ulet, dan warganya mencerminkan budaya sebagai kota global yang diperhitungkan di kancah internasional.

Baca Juga

Anggota DPRD Nilai Gengsi Jadi Alasan Anies Banding soal Kali Mampang

Perlu diketahui, JPO yang menyerupai Kapal Phinisi merupakan hasil kolaborasi yang dimotori Gubernur Anies, sehingga menjadi JPO yang ikonik, sekaligus menunjukkan keberpihakan Pemprov DKI Jakarta kepada pejalan kaki.

Modelnya yang terbuka kembali menghadirkan wajah baru Jakarta di ruang publik, sekaligus menjadi ruang ketiga bagi warga Jakarta di simpul utama aktivitas bisnis.

JPO/JPS ini berdesain unik karena ada dua jembatan lurus dan melengkung yang menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman arah Blok M dan Monas. Selain itu, JPO/JPS sudah terintegrasi dengan halte TransJakarta Karet.

Di samping itu, terdapat fasilitas lift pada JPO yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat disabilitas, lansia, ibu hamil dan sepeda. Fasilitas lainnya adalah sensor beban, CCTV, Anjungan Pandang, serta Lampu Dekoratif dan Artistik (RGB Futuristik). (Asp)

Baca Juga

Meski Jakarta PPKM Level 2, Anies Minta Warganya Tetap Waspada

#Anies Baswedan #Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan