Resmi, Tambang Batu Bara Ombilin Ditetapkan Situs Warisan Dunia UNESCO Tambang batu bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatra Barat, resmi jadi situs warisan dunia UNESCO. (foto: situsbudaya.id)

KABAR gembira datang dari Baku, Azerbaijan. Komite yang membahas penetapan situs warisan dunia UNESCO meresmikan tambang batu bara Ombilin di Sawahlunto, Sumatra Barat, sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Tambang batu batra Ombilin merupakan tambang tertua di Indonesia. Kisah pertambangan di daerah tersebut dimulai pada 1868, saat seorang ahli geologi Belanda Willem Hendrik De Greve menemukan kandungan batu bara di Sungai Ombilin. Tambang batu baraini terkenal dengan kisah 'orang rantai' yang merupakan pekerja di sana.

Penetapan Ombilin sebagai situs warisan dunia UNESCO diumumkan lewat sebuah unggahan di akun Twitter resmi milik UNESCO, Sabtu (6/6). Pertemuan di Azerbaijan belumlah tuntas. Masih ada sejumlah nominasi yang masih dibahas untuk ditetapkan dalam pertemuan selama 11 hari tersebut.

Status situs warisan dunia UNESCO pertama kali diperkenalkan pada 1978. Daftar situs warisan dunia UNESCO mencakup destinasi top dan indah dunia, seperti Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat, Taj Mahal di India, Petra di Yordania, dan Pulau Galapagos di Ekuador. Saat ini, ada 1.092 situ di 167 negara yang berstatus sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Selain Ombilin, yang masuk nominasi tahun ini amat beragam dan spektakuler. Mulai dari estuari yang dipenuhi burung di Sungai Yalu, Tiongkok, kuil kuno Bagan di Myanmar, hingga jalur Alpine di Austria.

BACA JUGA: Nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO 2019 Diumumkan, Salah Satunya Ada di Indonesia

Semua nominasi akan melalui proses evaluasi yang panjang. Ahli lapangan dikirim untuk memeriksa destinasi yang masuk daftar nominasi dan mempelajari usaha-usaha apa saja yang sudah dilakukan untuk melestarikannya. Situs yang enggak lulus seleksi masih bisa dinominasikan di tahun berikutnya.

Sementara itu, destinasi yang memenuhi syarat akan menjadi situs warisan UNESCO dan berhak mendapat perlindungan dari lembaga PBB itu, termasuk label sebagai destinasi top dunia.

Daftar lengkap situs warisan dunia UNESCO untuk tahun ini akan diumumkan pada 10 Juli mendatang.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH