Resmi, Satu Orang Terpapar Cacar Monyet di Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 20 Agustus 2022
Resmi, Satu Orang Terpapar Cacar Monyet di Indonesia
Cacar Monyet. (Foto: Antara/ Reuters)

MerahPutih.com - Penyakit cacar monyet atau monkeypox teridentifikasi di Indonesia. Yang terinfeksi adalah seorang pria berusia 27 tahun, setelah berpergian ke luar negeri.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, dengan adanya temuan pasien ini, maka penyakit itu sudah masuk Indonesia.

Baca Juga:

Cegah COVID-19 dan Cacar Monyet Menggunakan Sabun Antibakteri

"Di Indonesia, hari ini sudah ada, ternyata betul yang diumumkan WHO. Seluruh negara harus punya kewaspadaan terhadap ini," ujarnya secara virtual, Sabtu (20/8).

Syahril tidak menjelaskan dari negara mana pasien itu berpergian. Tetapi pasien sempat mengalami gejala demam dan pembesaran kelenjar limpa pada 14 Agustus.

Kemudian, pasien mengalami cacar atau ruam di muka, telapak tangan, dan sekitar genitalia atau alat kelamin. Berdasarkan tes PCR, pasien dinyatakan positif cacar monyet.

Syahril mengatakan, saat ini pasien dalam keadaan baik dan tidak perlu dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

Ia menjelaskan, proses penularan cacar monyet ini utamanya menular lewat kontak erat langsung kepada penderita, baik itu lewat bersalaman, berpelukan, tidur bersama, maupun kontak pada benda atau barang di sekitar pasien.

"Kita harus menghindari itu, masyarakat harus paham jika ada orang dekat ada gejala ini harus menghindari kontak langsung kepada yang bersangkutan," tuturnya.

Pasien yang tertular cacar monyet, kata ia, bisa sembuh sendiri dalam masa inkubasi 21 sampai 28 hari, jika tidak ada penyakit penyerta atau komorbid.

"Kalau pasienya tidak ada pemberat, pasien ini bisa sembuh sendiri," katanya.

Ia mengatakan, untuk masalah vaksin, hingga saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari WHO.

"Saat ini ada dua atau tiga negara yang melakukan vaksinasi dan kita memproses pengadaan dan melalui rekomendasi dari Badan POM," kata Syahril.

Kemenkes tengah, lanjut ia, memproses 10 ribu vaksin cacar monyet dan akan diberikan kepada penderita dalam masa inkubasi.

Kasus monkeypox terdeteksi untuk pertama kalinya di Inggris pada 6 Mei 2022. Kemudian pada 23 Juli 2022, WHO mengumumkan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan global.

Saat ini, 86 negara yang sudah melaporkan kasus monkeypox ini dengan jumlah total 39.708 dan kematian sekitar 400 orang. (Knu)

Baca Juga:

Cacar Monyet Diberi Nama 'Clade'

#Cacar Monyet #Breaking
Bagikan
Bagikan