Smartphone
Resmi Rilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series Sudah bisa melakukan pre-order. (Foto: NDTV Gadgets 360)

SETELAH rumor yang beredar, Samsung akhirnya resmi merilis seri Galaxy S terbarunya, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra. Acara yang bertajuk Galaxy Unpacked ini digelar secara virtual melalui kanal YouTube Samsung. Performa dan fitur apa saja sih yang ditawarkan Samsung kali ini?

Dalam penjelasan produk, Global Brand Marketing Yoonie Park mengatakan Samsung Galaxy S21 dan S21 Plus membawa pembaruan dari segi kamera dengan peningkatan pada foto dan video.

Galaxy S21 dan S21 Plus dibekali dengan tiga kamera belakang, yakni 64 MP telephoto (f/2.0) dengan kemampuan 3x Hybrid Zoom, 12 MP Wide Camera (f/1.8), dan 12 MP Ultra Wide (f/2.2). Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 10 MP.

Untuk fitur video, Galaxy S21 dan S21 Plus mampu merekam hingga 8K yang ditingkatkan dengan Super Steady pada 60fps. Samsung juga memperkenalkan fitur baru, Director’s View yang memungkinkan pengguna melihat, beralih, dan memilih bidikan terbaik.

Baca juga:

Samsung Galaxy S21 Series Siap Rilis 14 Januari

Perekaman video kamera depan juga memiliki fitur Vlogger View dengan atau ubah sudut, zoom, atau wide. Kekuatan AI juga memungkinkan fitur Single Take untuk menangkap berbagia format foto dan video dengan satu ketukan.

Dari segi layar, kedua seri ini menggunakan edge-to-edge Dynamic AMOLED 2X Infinity-O dengan refresh rate 120Hz. Bentang layar Galaxy S21 lebih kecil yakni 6,2 inci, sedangkan S21 Plus 6,7 inci. Cocok untuk kamu yang suka bermain game dan menonton video secara leluasa.

Resmi Rilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series
Beberapa varian warna untuk S21 dan S21 Plus. (Foto: Phonearena)

Semua varian Galaxy S21 dibekali dengan chipset terbaru Samsung, yakni Exynos 2100 5nm. Kebutuhan harianmu akan ditunjangi oleh baterai 4.000 mAh pada Galaxy S21 dan 4.800 mAh pada S21 Plus. Performa keduanya ditunjang dengan RAM 8GB serta varian memori 128GB dan 256GB.

Desain baru Galaxy S21 Series ini dilengkapi fitur ultrasonic fingerprint, IP68, stereo speaker, dan Samsung Dex. Samsung Galaxy S21 tersedia dalam varian warna Phantom Violet, Phantom Grey, Phantom Pink, dan Phantom White. Sedangkan S21 Plus dalam varian warna Phantom Violet, Phantom Silver, dan Phantom Black.

Beralih ke seri yang lebih premium, Galaxy S21 Ultra memiliki kamera kelas pro dan untuk pertama kalinya Samsung membawa dukungan S Pen yang biasanya ada di seri Galaxy Note. Namun, S Pen ini dijual terpisah.

Galaxy S21 Ultra mengunsung konfigurasi empat kamera, yakni lensa utama 108MP (f/1.8), 12MP ultra wide (f/2.2), serta dua lensa telephoto, 10MP (f//2.4) dengan optical 3x dan 10MP (f/4.9) dengan optical 10x zoom. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 40MP.

S21 Ultra juga memiliki fitur 100x Space Zoom. Flagship ini dibeklai dengan sensor Bright Night yang ditingkatkan untuk fotografi dalam kondisi low light. Night modenya juga dibekali dengan teknologi Nona binning 12MP untuk menangkap bidikan dengan penerangan redup.

Baca juga:

Layar Samsung Galaxy Z Flip Tak Tahan Lama?

Resmi Rilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series
Tampilan S21 Ultra dari berbagai sisi. (Foto: YouTube/TechDroider)

S21 Ultra dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X dengan lebar 6,8 inci resolusi Quad HD Plus, serta dukungan refresh rate 120Hz. Samsung mengklaim bahwa S21 Ultra ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.500 nits. Para pengguna kini bisa memilih keduanya secara bersamaan, baik 120Hz yang smooth dan layar Quad HD Plus.

Kapasitas baterai 5.000 mAh ini membuat S21 Ultra semakin garang. Samsung menyediakan pilihan RAM 12GB dan 16GB, serta penyimpanan 128GB, 258GB, dan 512 GB. S21 Ultra tersedia dalam varian warna Phantom Black dan Phantom Silver.

Resmi Rilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series
Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Foto: BBC)

Buat kamu yang berminat, Samsung sudah melakukan pre-order mulai dari 14 Januari sampai 17 Januari 2021. Konsumen memiliki kesempatan untuk mendapatkan free upgrade untuk pembelian Galaxy S21 ke kapasitas 25GB. Sementara untuk pre-order S21 Ultra, konsumen akan mendapatkan Galaxy Buds Pro dan Samsung Care Plus selama satu tahun, serta Galaxy Smart Tag.

Harga untuk Galaxy S21 dibanderol mulai dari Rp12,9 juta, sementara Galaxy S21 Plus mulai dari Rp15,9 juta untuk model 128GB dan Rp16,9 juta untuk model 25GB. Sedangkan untuk Galaxy S21 Ultra dibanderol mulai dari Rp18,9 juta untuk model 128GB, Rp19,9 untuk 256GB, dan Rp21,9 untuk 512GB. (and)

Baca juga:

Mengintip Bocoran Stylus S Pen dan Casing Samsung Galaxy S21 Ultra

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Facebook Luncurkan Iklan Untuk Tingkatkan Literasi Media dan Perangi Hoaks
Fun
Berisiko, Jangan Gendong Anak di Momen Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Berisiko, Jangan Gendong Anak di Momen Ini

Memang menggendong punya banyak manfaat untuk si ibu dan bayinya.

Robi Navicula Gaungkan Pentingnya Pengelolaan Sampah Plastik
ShowBiz
Robi Navicula Gaungkan Pentingnya Pengelolaan Sampah Plastik

Aktivis lingkungan hidup sekaligus Musisi, Gede Robi atau yang lebih dikenal dengan Robi Navicula, baru-baru ini menyoroti tentang banyaknya sampah plastik yang tidak terkelol

Bunda, Jangan Paksa Anak Berkompetisi
Hiburan & Gaya Hidup
Bunda, Jangan Paksa Anak Berkompetisi

Orangtua harusnya tetap bertanya lebih dahulu kepada sang anak apakah memang benar-benar ingin ikut kompetisi atau tidak.

Egret II Mini, Versi Mungil dari Kabin Arcade Garapan Taito
Fun
Egret II Mini, Versi Mungil dari Kabin Arcade Garapan Taito

Untuk kamu yang mau bernostalgia dengan game ding dong.

'Asih 2' Siap Meneror di Tengah Pandemi
Fun
'Asih 2' Siap Meneror di Tengah Pandemi

'Asih 2' akan tayang pada Desember 2020.

Mengenal 3 Kompetisi Kopi di ICE 2021
Fun
Mengenal 3 Kompetisi Kopi di ICE 2021

ICE 2021 menghadirkan tiga kompetisi kopi yang sangat seru.

CHSE dan Prokes Kunci Untuk Bangkitkan Pariwisata di Tengah Pandemi
Fun
CHSE dan Prokes Kunci Untuk Bangkitkan Pariwisata di Tengah Pandemi

Protokol kesehatan dan CHSE merupakan salah satu kunci untuk membangkitkan kembali pariwisata Indonesia yang sempat meredup akibat pandemi

Fashion tak Masuk Akal ala Leading Lady Drakor
Fashion
Kemenkumham Tegaskan PP untuk Kebutuhan Komersial
Fun
Kemenkumham Tegaskan PP untuk Kebutuhan Komersial

Akan dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu.