Resmi Jadi Duta Nasional UNICEF Indonesia, Ini Tugas Nicholas Saputra Nicholas Saputra yang akan memperjuangkan hak anak dan air bersih. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

AKTOR tampan Nicholas resmi jadi Duta Nasional UNICEF Indonesia. Sebagai duta nasional organisasi dunia itu, Nicholas mengemban berbagai macam tugas untuk memperjuangkan hak anak. Nicholas mengaku akan fokus untuk meningkatkan kesadaran mengenai memperbaiki mutu layanan air dan sanitasi serta praktik kebersihan dasar untuk memulai tugasnya.

Untuk mensosialisasikan pentingnya air bersih, pria berusia 35 tahun itu berkunjung ke wilayah Alor, Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu. Dia memiliki gambaran tentang pentingnya air bersih untuk anak-anak saat berkunjung ke wilayah tersebut. "Pengalaman itu membuka mata saya untuk melakukan sesuatu karena setiap anak berhak hidup di lingkungan aman dan bersih," ujar Nicholas saat jumpa pers di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Baca Juga:

Unggahan Maia Estianty di Hari Pahlawan Tuai Decak Kagum Warganet

nicholas
Ncholas Saputra dan Debora Comini, perwakilan UNICEF. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Menurut Nicholas, untuk meningkatkan kualitas air bersih setiap anak, akan ia mulai dari skala kecil hingga besar. Dia akan fokus terlebih dahulu menyuarakan pentingnya sanitasi air di lingkungan rumah. Selain itu, pemain film Ada Apa dengan Cinta itu juga mengatakan pemerintah daerah harus berpartisipasi dalam mewujudkan kualitas air bersih.

Tidak hanya di wilayah daerah. Pemenang Piala Citra itu menyebut krisis air besih pun terjadi di wilayah perkotaan. Sehingga dia akan mengupas tuntas masalah ini di serial wilayah Indonesia. "Masalah sanitasi di urban tidak kalah pentingnya dengan daerah. Jadi masalahnya ada di setiap tempat," tuturnya.

Perwakilan UNICEF, Debora Comini mengatakan terpilihnya Nicholas Saputra sebagai Duta Nasional UNICEF Indonesia bukan tanpa alasan. Nicholas terpilih karena spesial dan memiliki rekam jejak yang bersih dalam kehidupan pribadinya.

Baca Juga:

Ini Kata Reza Rahadian tentang Sosok Pahlawan di Industri Film Indonesia

nicholas
Nicholas Saputra dinilai aktif sebagai pejuang lingkungan hidup. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Belum lagi, kata Debora, sosok Nicholas juga aktif sebagai aktivis dan relawan lingkungan hidup sebelum menjadi Duta Nasinal UNICEF Indonesia. "Dalam perannya sebagai Duta dia akan terus menyuarakan suaranya untuk kepentingan anak," jelas Debora.

Selain sanitasi air. Ke depannya kata Nicholas ia akan memperjuangkan hak anak lainnya. Karena isu tentang anak kata Nicholas sangat banyak. "Isu-isu tentang anak sangat lebar dan luas. Jadi mudah-mudahan ke depannya saya bisa mencakup hak anak yang lainnya" tukas Nicholas Saputra. (ikh)

Baca Juga:

Pantau Langsung Bantar Gebang, Hamish Daud Suarakan Kepedulian Lingkungan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH