Resmi Buka Jakarta Fair Kemayoran, Anies Tegaskan Jakarta Aman dan Stabil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 di area Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/5) malam. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 di area Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/5) malam.

JFK 2018 yang ke 51 ini merupakan ajang tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke 491 tahun.

Dalam sambutannya, Anies yang mengenakan baju batik lengan panjang berwarna krem ini mengatakan tema yang diambil JFK tahun 2018 ini sejalan dengan tema HUT Kota Jakarta yakni menjadikan kota Jakarta adil, maju dan warganya merasakan bahagia.

"JFK membuat Jakarta lebih dari sekedar kota tapi jadi karya yang membanggakan Jakarta sebagai ibu kota," kata Anies dalam sambutannya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun menuturkan event JFK yang digelar ini juga ikut mensukseskan program MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 di area Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/5) malam. Foto: MP/Asropih

"Ini jenis turis baru yang dulu-dulu belum banyak dan sekarang adanya fasilitas di Kemayoran ini apalagi dengan dengan JFK Insya Allah tempat ini jadi satu titik utama pembagunan eksibisi di Indonesia dan ]efeknya akan se-Indonesia," tutunya.

Tak hanya itu, Anies juga meresmikan Anjungan Provinsi DKI Jakarta di Hall C1 arena Jakarta Fair Kemayoran. Di Anjungan ini, lanjut dia, ditampilkan berbagai macam hasil pembangunan, produk-produk yang dikerjakan Pemprov dan BUMD.

"Pemprov DKI hadir untuk tanggung jawab konstitusi bahwa di sini hadir keadilan, kesejahteraan bahwa warga Jakarta terlayani dengan baik. Tujuan kita mengabarkan bahwa Pemprov DKI hadir untuk membwa Jakarta lebih baik lagi," jelasnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini pun berharap JFK dapat menembus lebih dari 6,1 Juta pengunjung dan mencapai transaksi lebih dari Rp 7 Triliun.

"Jakarta Fair ini terbesar di Asia Tenggara. Kita semua berharap pergerakan perekonomian yang muncul di tempat ini punya efek multiplier yang besar bukan saja selama adanya Jakarta Fair, tapi sesudah ini akan muncul transaksi-transaksi baru utamanya kepada mereka yang hari ini ukurannya mikro dan kecil," ucap dia.

JFK ini juga memberi pesan bahwa Jakarta bukan hanya pusat perekonomian dan pemerintahan tapi pusat di Asia Tenggara. Ia juga menegaskan bahwa Jakarta dan Kemayoran aman dan stabil.

Jakarta Fair Kemayoran. Foto: Dok. JFK

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo) Prajna Murdaya mengapresiasi kegiatan yang digelar setiap tahun ini. Pada usia yang lebih dari setengah abad ini JFK bisa memberikan manfaat bagi Indonesia.

"Kami berharap agar event JFK memberikan manfaat bagi masyarakat di Indonesia," ujar Prajna yang menggunakan batik lengan panjang itu.

Perlu diketahui, pembukaan JFK 2018 ditandai dengan penekanan tombol oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Managing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo) Prajna Murdaya, dan pejabat lainnya. Hal itu sebagai tanda dibukannya JFK serta petasan dan kembang api.

Diketahui Jakarta Fair Kemayoran akan berlangsung pada 23 Mei hingga 1 Juli 2018 mendatang. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH