Reshuffle Kabinet Jilid II, Parpol Incar Lahan Basah Foto bersama setelah acara pengucapan sumpah jabatan pada Reshuffle Kabinet Kerja, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Merahputih Politik - Reshuffle atau perombakan jajaran Kabinet Kerja jilid II pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kala (JK) atau Pemerintahan Jokowi-Jk mulai santer terdengar publik.

Sejumlah partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dikabarkan mulai menyusun dan mencari daftar nama yang tepat untuk diajukan kepada Presiden Jokowi.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Jerry Sumampouw menilai, reshuffle kabinet kali ini sarat dengan dorongan parpol. Kalau sudah begini, katanya, maka presiden tidak lagi menilai pembantunya dari segi kinerja saja tapi dari dorongan partai.

"Yang terjadi parpol bakal berebut 'lahan basah' di kursi kabinet," kata Jerry Sumampouw kepada merahputih.com, Kamis (5/11).

Ia menilai, ada tiga kemungkinan yang bakal dilakukan presiden jika terjadi reshufle kabinet. Pertama mengganti para profesional dengan orang parpol, kedua mengganti menteri yang kurang cekatan dengan orang parpol, dan yang ketiga hanya mereposisi menteri.

"Tetap saja itu hak prerogatif presiden, kita tunggu saja apa yang akan dilakukan," pungkas Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) itu. (fdi)

Baca Juga:

  1. PPP Akui Bahas Reshuffle Kabinet dalam Pertemuan KIH
  2. Fuad Bawazier: Reshuffle Jilid II Hanya Bagi-Bagi Jabatan
  3. Isu Reshuffle Jilid II, PDIP Siapkan Calon
  4. Reshuffle Jilid II, Jokowi Bakal Pecat HM Prasetyo?
  5. Satu Tahun Jokowi-JK, Isu Reshuffle Jilid Dua Kembali Menguat



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH