Resep Tekwan untuk Menu Segar Buka Puasa Anda

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 31 Mei 2017
Resep Tekwan untuk Menu Segar Buka Puasa Anda
Tekwan, salah satu menu makanan khas Palembang yang segar (Foto: Royco)

Tekwan merupakan hidangan khas Palembang, Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan dan sagu. Adonan ikan dan sagu dibuat dalam ukuran kecil-kecil dan disajikan menggunakan kuah udang dengan rasa yang khas.

Bahan baku tekwan bisa dikatakan sama dengan pempek—kuliner khas Palembang lainnya—yaitu ikan. Ikan yang digunakan bisa bermacam-macam, namun salah satu jenis ikan yang disukai adalah ikan tenggiri.

Biasanya tekwan disajikan dengan beberapa pelengkap, seperti sohun, irisan bengkoang dan jamur, ditaburi irisan daun bawang, seledri, bawang goreng dan ebi. Makanan ini sudah sangat populer di beberapa daerah, khususnya Jakarta. Anda akan dengan mudah menjumpai tempat makan yang menjual tekwan.

Namun jika Anda ingin mencoba berkreasi dengan membuat Tekwan sendiri di rumah juga tak ada salahnya. Menu tekwan ini bisa menjadi pilihan Anda untuk berbuka puasa juga di hari ini. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuat tekwan di rumah.

Bahan:

- 750 ml air
- 1 bks bumbu penyedap rasa kaldu sapi
- 10 gr ebi yang dihaluskan
- 250 gr ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
- 60 gr putih telur
- 1 bks bumbu penyedap kaldu rasa ayam
- 175 gr tepung sagu
- 75 ml air es
- Air untuk merebus
- 1 sdm daun bawang yang diiris
- 100 gr sohun yang sudah diseduh
- 50 gr jamur kuping iris

Cara masak:

Aduk ikan tenggiri, putih telur, air, bumbu penyedap rasa kaldu ayam, dan sagu dengan mixer hingga kalis.

Rebus air dan masukkan adonan sambil dibentuk seperti bakso dengan sendok. Rebus sampai mengambang, lalu angkat dan tiriskan.

Rebus 750 ml air bersamaan dengan bumbu penyedap rasa sapi dan tambahkan ebi. Masukkan tekwan, jamur kuping, dan sohun. Rebus sampai mendidih.

Setelah mendidih, sajikan dengan potongan daun bawang di atas mangkuk selagi hangat untuk menu berbuka puasa hari ini bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Lihat juga resep masakan lainnya di sini: Resep Ayam Jeruk Istimewa Untuk Menu Sahur Bersama Keluarga.

#Tekwan #Menu Makanan #Menu Buka Puasa #Menu Ramadan #Resep #Resep Masak #Resep Makanan #Resep Masakan Indonesia #Masakan Indonesia #Masakan Nusantara #Palembang #Kuliner Palembang
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan