Resep Teh Kulit Pisang, Bantu Atasi Insomnia Anda Pisang ternyata mengandung asam amino yang bisa membuat tubuh lebih relaks dan tidur lebih cepat (Foto: Pixabay)

Sulit tidur, atau bisa disebut sebagai insomnia, bisa menjadi hal yang meresahkan bagi siapa pun. Sudah berbaring dan memejamkan mata di malam hari, bolak-balik mencari posisi yang bisa buat terlelap, tapi masih tidak bisa tertidur sampai pagi menjelang. Terlebih jika keesokan harinya harus kembali bekerja dan beraktivitas, tentunya tubuh akan jauh lebih lelah dan mood bisa berantakan seharian.

Tenang, ternyata menurut Popsugar, rebusan pisang bisa buat tidur lebih cepat, lho! Hanya, bukan rebusan pisang biasa, melainkan ada langkah-langkah khususnya. Begini caranya:

1. Cuci bersih pisang organik (sebersih mungkin, pilih yang organik untuk meminimalisir kandungan pestisida).
2. Potong ujungnya, lalu belah dua pisang.
3. Masukkan bersama kulitnya ke dalam 300 ml air mendidih.
4. Tambahkan juga kayu manis agar aroma dan rasanya lebih nikmat.
5. Rebus selama 5-10 menit dengan api kecil.
6. Singkirkan pisang dan kayu manis.

Air rebusan pisang pun siap diminum. Anda bisa juga menambahkan susu hangat atau madu sebagai pelengkap "teh" ekstrak pisang tersebut.

Rebusan pisang dan kayu manis bisa membantu melawan insomnia (Foto: instagram/kimberlytia)

Nyatanya, pisang memang bisa menjadi obat agar cepat tidur, dengan segala kandungan baik di dalamnya. Pisang mengandung triptofan yang tinggi. Zat tersebut merupakan asam amino yang secara alami memberikan efek menenangkan, menyebabkan kantuk, mengatasi kecemasan, dan bisa menurunkan lemak tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung potasium dan magnesium yang juga menjadi senjata rahasia untuk membuat tidur lebih cepat.

Efektivitas teh pisang ini bergantung pada masing-masing individu. Untuk penderita insomnia berat, bisa juga konsultasikan ke dokter agar tidak semakin parah. Namun, tak ada salahnya Sahabat MerahPutih coba teh pisang ini sebelum tidur.

Baca juga: 3 Hal Yang Terjadi Saat Anda Berhenti Konsumsi Alkohol.

Sumber : https://www.popsugar.com/fitness/Banana-Tea-Natural-Sleep-Aid-43546163?stream_view=1#opening-slide


Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH