Bisnis

Resep Sukses Bisnis Kuliner ala Dimas Beck

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 13 Desember 2022
Resep Sukses Bisnis Kuliner ala Dimas Beck
Adhia Arryman, Founder sekaligus CEO Umara Group, dan Dimas Beck, Co- Founder, mengembangkan sebuah bisnis yang mengakomodasi kebutuhan pelanggannya secara sistematis. (Foto: Waves Entertainment)

SUDAH hampir sembilan tahun Dimas Beck berbisnis kuliner. Dalam hitungan bisnis, usia tersebut belum terlalu lama, tapi dia justru sudah menunjukkan perkembangan siginifkan. Dari tempat dagang di garasi rumah, dia mampu membuat pabrik. Mulai dengan mempekerjakan lima orang, sekarang sudah punya ratusan karyawan.

Bisnis kuliner selalu menjadi primadona di dunia investasi. Sebab pangan adalah keperluan utama yang harus dipenuhi untuk segala lapisan masyarakat. Dimas Beck dan Adhia Arryman, kawannya, sadar betul hal ini.

Karena itulah, sejak awal mereka meniatkan penggabungan bisnis kuliner dengan sistem dan teknologi yang efisien dan terdepan.

Duet Adhia Arryman, Founder sekaligus CEO Umara Group, dan Dimas Beck, Co- Founder, mengembangkan sebuah bisnis yang mengakomodasi kebutuhan pelanggannya secara sistematis untuk jadi sebuah solusi yang menguntungkan dalam industri kuliner.

Baca juga:

Rayakan Ulang Tahun, Dimas Beck Luncurkan Program Khusus untuk Penderita HIV/AIDS

dimas beck sukses bisnis kuliner
Dari tempat dagang di garasi rumah, dia mampu membuat pabrik. (Foto: Waves Entertainment)

“Kami berdua punya selera yang sama. Dari interest yang sama itu, kita berdua coba bikin produk-produk yang inovatif. Dalam bisnis Food Technology bersama Umara Grup ini kita mengembangkan produk-produk yang bisa mempermudah konsumen dalam berbisnis kuliner. Entah itu nantinya mau bikin resto, catering, atau bisnis-bisnis kuliner lainnya,” ungkap Dimas Beck dalam keterangan tertulis yang diberikan kepada Merahputih.com.

Dimas dan Adhia membangun bisnisnya di bawah Payung Umara Group pada 2014. Sekarang grup ini terdiri dari satu holding dan lima anak usaha. Lini bisnisnya berbeda, tapi saling mendukung ekosistem usaha induk tersebut. Antara lain restoran, catering premium, catering industri, distribusi dan pabrik makanan siap saji di kawasan Curug Tangerang.

Dimas dan Adhia memulai bisnisnya dari mimpi. Lalu mereka melakukan riset dan pendalaman resep Indonesia maupun mancanegara. Realisasinya dibangun bersama dengan tim. Timnya dibentuk sedemikian rupa agar solid. Hingga akhirnya perkembangan bisnisnya berbuah valuasi bisnis yang menarik.

Investor pun tertarik pada 2020 kaka pandemi COVID-19. Umara Group diakuisisi oleh PT. Amarta Koru Management, anak usaha dari PT. Imora Motor. Namun untuk mencapai titik ini, Adhia mengaku harus berdarah-darah.

Baca juga:

Strategi Jitu Dimas Beck Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner

bisnis kuliner dimas beck
Tak mudah membangun suatu usaha yang dapat menarik minat investor jangka panjang dalam pengelolaannya. (Foto: Pexels/Ella Olsson)

Tak mudah membangun suatu usaha yang dapat menarik minat investor jangka panjang dalam pengelolaannya.

“Bisnis ini sejujurnya bukan hal mudah, ruwet sekali ya. Namun dengan proses yang cukup panjang, inovasi-inovasi yang diciptakan bisnis ini telah berhasil menyederhanakan masalah-masalah yang kompleks menjadi solusi dalam sebuah industri ini,” ujar Adhia yang juga jebolan Institut Teknik Bandung dan Universitas Indonesia ini.

Dimas bercerita hal serupa. "Ketika saya memulainya bersama Adhia, awalnya memulai dari datang dari satu klien ke klien lain, punya lima orang pekerja dulu, berawal dari garasi rumah Adhia. Hingga jadi punya ratusan karyawan. Kemudian punya pabrik skala besar dengan standar tinggi."

Mereka bermimpi bersama, berproses, melangkah hingga akhirnya berhasil mewujudkan apa yang diimpikan sejak awal. "Ini hal yang nggak pernah gue highlight di publik sih. Namun semuanya teruji oleh waktu dan bisnis ini bisa berkembang," sambung Dimas Beck yang punya background ilmu Marketing dari Universitas Bina Nusantara.

Sukses dengan bisnis Food Technology, dynamic duo ini sudah mempersiapkan beberapa bisnis lainnya dengan target market yang jauh lebih luas lagi.

Dengan pengalaman matang menjalankan strategi bisnis di Umara group, formula menjanjikan akan dijalani Dimas dan Adhia dalam bisnis minuman, properti, dan lifestyle dalam waktu dekat ini.

“Umara adalah company pertama kita dan Alhamdulillah telah memberikan dampak yang positif mulai circle yang kecil hingga circle yang luas. Kita merasa banyak mendapat achievement, menciptakan lapangan pekerjaan, memberikan kontribusi kita sebagai pengusaha muda," kata Dimas. (kna)

Baca juga:

Ragam Pesona Pulau Dewata Hadir di Festival Kuliner Serpong 2022

#Dimas Beck
Bagikan
Bagikan