Resep Simpel Fuyunghai Saus Padang Fuyunghai. (Instagram/rockyus)

MENUTUP weekend dengan kumpul-kumpul keluarga sambil masak-masak selalu jadi pilihan tepat. Setelah keluar rumah untuk wisata misalnya, kamu dan keluarga bisa menyambut hari kerja dengan bersantai.

Nah, kamu bisa coba beberapa menu-menu simpel sambil berkumpul keluarga. Makanan yang bisa dimakan bareng-bareng dan tentu saja yang bisa menggugah selera makan.

Salah satu makanan yang cocok dibikin saat ada kumpul kerluarga yaitu makanan khas Tinghoa, fuyunghai. Mungkin juga dengan sedikit sentuhan bumbu-bumbu daerah.

Fuyunghai atau disebut juga fu yong hai merupakan makanan Tionghoa yang terbuat dari telur dadar yang dicampur dengan beragam sayuran, daging, atau ikan laut. Fuyunghai juga dijajakan di banyak tempat makanan Tionghoa.

Fuyunghai. (Foto: Instagram/ranfoodies)
Fuyunghai. (Foto: Instagram/ranfoodies)

Berikut merahputih.com sajikan resep simpel fuyunghai, seperti dilansir iStyle:

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Telur ayam

- 100 gr daging ayam giling

- 50 gr udang

- Wortel

- Daun bawang

- Tepung Tapioka

- Bawang bombay

- Tomat

- Bawang putih

- Cabai merah

- Lada

- Garam

Fuyunghai. (Foto: Instagram/nitabonchita)
Fuyunghai. (Foto: Instagram/nitabonchita)


Step 1

Pecahkan tiga telur ke dalam mangkuk, lalu masukkan satu siung bawang putih yang sudah dicincang, daging ayam, udang, beserta potongan bawang bombai

Step 2

Campur dan aduk hingga merata bersama lada dan garam. Kemudian, masukkan tepung tapioka ke dalam adonan.

Step 3

Masukkan minyak goreng ke dalam wajan. Tunggu hingga panas, lalu masukkan adonan. Personally, aku lebih suka fuyunghai yang digoreng sampe warnanya golden brown karena terasa crispy waktu digigit.

Step 4

Untuk membuat saus Padang, cara membuatnya adalah dengan menumis irisan setengah siung bawang bombai dan satu bawang putih yang dimemarkan. Setelah harum, masukkan irisan cabe lalu aduk hingga layu.

Step 5

Selagi menunggu, kita bisa memotong wortel dalam ukuran kecil-kecil dan satu batang daun bawang. Masukkan bahan-bahan tadi ke dalam campuran saus.

Step 6

Tambahkan saus sambal, garam, dan gula pasir. Aduk hingga wangi. Next, masukkan kaldu ayam dan tunggu hingga mendidih.

Step 7

Last but not least, masukkan 2 sendok teh tepung tapioka ke dalam wadah berisi 2 sendok teh air. Campur ke frying pan agar saus jadi kental. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Makanan Khas Rusia Sajian Para Penggemar Bola Seluruh Dunia


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH