Resep Saus Tomat: Buat Sendiri Lebih Nikmat Keaslian rasa tomat lebih terasa jika membuat saus tomat sendiri (Foto: freeimages.com)

Makan kentang dan ayam goreng rasanya tidak pas tanpa ditemani saus tomat. Orang biasa membeli saus tomat botol atau pun saset di swalayan yang tentunya lebih praktis. Namun tahukah Anda, kalau sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri? Membuat saus tomat rumahan ini juga tidak sulit, kok. Bahannya pun simpel dan umum. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membantu Anda bereksperimen membuat saus tomat di rumah.

Bahan:

- 500 gr tomat, dipotong-potong
- 500 ml air, didihkan
- 3 sdm gula
- 4 bawang putih, dihaluskan
- 3 sdt garam
- 2 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

1. Rebus tomat ke dalam panci berisi air yang sudah didihkan sebelumnya hingga setengah lunak.
2. Angkat tomat dan jangan buang sisa air rebusan.
3. Haluskan tomat yang sudah setengah lunak dengan blender.
4. Kemudian, tumis bawang putih yang dihaluskan di wajan dengan minyak zaitun sampai terasa harum.
5. Masukkan tomat beserta tumisan bawang putih ke dalam sisa rebusan air serta garam dan gula. Rebus selama kurang lebih 30 menit sampai kental. Aduk sesekali.
6. Saus tomat rumahan ala Anda sudah dapat digunakan untuk melengkapi santapan Anda.

Demikianlah cara membuat saus tomat. Sebagai catatan, masaklah bahan-bahan tersebut dengan api kecil dan jangan merebus kurang dari 30 menit. Jika campuran direbus kurang dari 30 menit (langkah ke-5), maka saus akan jadi encer atau tidak mengental. Yang pasti, keaslian rasa tomat pada saus rumahan ini akan lebih terasa. Selamat mencoba, Sahabat MerahPutih!

Baca juga artikel resep lainnya di sini: Tahu Jadi Topping Pizza, Mengapa Tidak?

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE