Resep Sambal Luat Khas NTT Pedasnya Mantap

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 24 Februari 2017
Resep Sambal Luat Khas NTT Pedasnya Mantap
Sambal Luat (Instagram/indiramaharanisanjaya)

Orang Indonesia sudah terbiasa dengan masakan pedas. Tanaman cabai tidak sulit tumbuh di Indonesia.

Oleh karena itu, hampir setiap daerah memiliki menu sambal khas daerah masing-masing. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki menu sambil paling disukai banyak orang yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), selain memiliki menu sambal Belimbing dengan cita rasa pedas, asam dan segar. Ternyata NTT juga punya loh satu lagi menu sambal yang gak kalah pedasnya dari Sambal Belimbing.

Sambal Luat merupakan sambal tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur yang memiliki rasa pedas dan asam serta aroma yang kuat. Selintas, Sambal Luat ini memang terlihat mirip dengan Sambal Matah dan Sambal Dabu-Dabu Khas Manado.

Sambal Luat menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Yakni, melancarkan peredaran darah.

Salah satu bahan yang digunakan saat membuat sambal Luat yakni daun kemangi ternyata dapat membuat peredaran darah Anda lancar jika mengkonsumsinya. Karena, kandungan magnesium yang terdapat dalam daun kemangi bisa membuat pembuluh darah dan jantung Anda rileks.

Nah gak usah tunggu berlama-lama lagi, yuk langsung aja lihat resep dan cara membuat Sambal Luat khas NTT untuk menu santap Anda bersama keluarga hari ini, dijamin keluarga Anda pasti akan suka.

Bahan yang perlu Anda siapkan juga tidak terlalu ribet kok:

- 200 gr Cabai rawit merah
- 1 cm terasi
- 1 buah jeruk nipis
- 1 sdt gula pasir
- 3 siung bawang merah
- 1 ikat daun ketumbar
- 1 buah tomat
- 1 sdt Garam
- 2 batang Daun bawang

Nah, selain itu juga cara membuatnya tidak jauh berbeda dari cara membuat sambal pada umumnya yang membedakannya hanyalah dari bahan-bahan yang diperlukan saja:

Pertama-tama Anda bisa menumbuk kasar cabai rawit yang telah disediakan, setelah itu iris bawang merah, tomat, daun bawang dan daun ketumbar. Lalu campur semua bahan tersebut dan diaduk hingga merata, tahanpan terakhinya Anda hanya perlu menambahkan perasan jeruk nipis agar memberikan rasa asem dan segar pada sambal Luat yang Anda buat. Selamat mencoba.

Enggak hanya resep sambal Luat ini aja loh yang Sahabat Merahputih bisa bikin di rumah. Masih banyak resep-resep menarik lainnya yang gak kalah lezat dan enak. Yuk lihat artikelnya di sini: Ngaku Vegetarian, Wajib Coba Trancam Kuliner Sehat Khas Jawa Tengah.

#Nusa Tenggara Timur (NTT) #Makanan Tradisional
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan