Resep "Puding Cokelat Lava": Fla Nikmat Meleleh dari Dalam Puding Puding Cokelat Lava (Foto: Instagram/Yudabustara)

Siapa yang tak suka dengan puding? Apalagi jika dibuat dengan kreasi yang berbeda dari biasanya. Seperti resep Puding Cokelat Lava dari Chef Yuda Bustara ini. Bukan sekadar puding, tapi puding cokelat dengan isian fla yang meleleh ketika dipotong. Dijamin keluarga Anda dan si kecil akan suka.

Puding ini juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda dan keluarga yang bosan berbuka puasa dengan menu takjil seperti kolak serta es buah yang sudah terlalu sering. Berikut ini bahan yang perlu Anda siapkan dan cara membuatnya.

Bahan:

Fla:

- 500 ml susu putih
- 2 sdm tepung maizena
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- 1 butir kuning telur

Puding:

- 500 ml susu cokelat
- 50 gr gula pasir
- 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
- 1 butir kuning telur
- 200 gr dark chocolate

Cara membuat:

Fla:

1. Pertama-tama campurkan susu, tepung maizena, garam, dan gula ke dalam panci, kemudian panaskan sampai fla tersebut menjadi hangat.

2. Agar fla lebih lembut, Chef Yuda Bustara memiliki cara yang sedikit unik, yakni mencampurkan kuning telur ke dalam bahan fla yang sudah dipanaskan tadi.

3. Setelah itu, panaskan kembali sampai flanya benar-benar menjadi kental dan lembut. Matikan apinya, pindahkan ke wadah untuk kemudian dimasukkan ke cetakan es batu. Dinginkan fla hingga beku seperti es batu.

Puding:

1. Tuang susu cokelat, gula, dan bubuk agar-agar. Masak dan aduk hingga semua bahan tercampur dan larut menjadi satu.

2. Sama seperti membuat fla tadi, untuk membuat puding ini, Chef Yuda juga menambahkan kuning telur ke dalamnya agar puding terasa lebih lembut.

3. Setelah semua bahan tercampur, termasuk kuning telur, aduk hingga panas sehingga bakteri dari kuning telur mati.

4. Tambahkan dark chocolate ke dalamnya, aduk hingga cokelat meleleh dan menyatu dengan agar-agar. Matikan api dan tuang ke dalam cetakan agar setengahnya saja. Lalu, dinginkan hingga menjadi agar-agar.

5. Setelah itu, keluarkan fla yang sudah beku dari kulkas. Celupkan sedikit cetakan agar ke air panas supaya mudah mengeluarkan fla beku tersebut.

6. Ambil sedikit bagian tengah puding yang sudah jadi separuh cetakan tadi, kemudian letakkan fla beku di bagian yang berlubang. Tutup kembali dengan sisa puding yang masih cair hingga permukaan fla tidak terlihat.

7. Dinginkan beberapa saat, kemudian keluarkan dari cetakan agar-agar. Puding Cokelat Lava yummy ini siap Anda santap bersama keluarga. Selamat mencoba!

Lihat juga resep masakan untuk berbuka lainnya di sini: Resep Es Pisang Ijo Untuk Berbuka Puasa.


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH