Jumuk Bap, Bola-bola Nasi Khas Korea yang Enak Buat Camilan Akhir Pekan Jumuk bop, bola nasi yang mengenyangkan. (Foto: istyle.id)

KOREA selalu menarik untuk dibahas. Negeri Ginseng ini berhasil mempromosikan diri sebagai negeri yang disukai anak-anak milenial. Korea telah menyebarkan budaya K-Pop, promosi sebagai negara wisata, dan tentu dikenal sebagai negeri untuk berburu kuliner.

Tak hanya di dalam negeri, kuliner Korea tersebar ke seluruh dunia. Di Indonesia, misalnya, ada banyak tempat-tempat makan khas Korea terutama di kota-kota besar. Bahan-bahan bahan makanan juga banyak ditemukan untuk mengolah sajian khas Korea.

Citarasanya yang beraneka ragam mulai dari pedas, gurih, asam dan juga manis membuat makanan ini jadi tidak membosankan. Beberapa makanan Korea yang sudah mendunia dan populer termasuk di Indonesia adalah Bibimbap, Ttteokbokki, Jajangmyeon, Ramyun dan lain-lainnya. Nah, buah kamu penggemar makanan Korea, bisa coba bikin resep sendiri di akhir pekan ini.

1. Jumuk bap mirip onigiri Jepang

Jumuk bap. (Foto: istyle.id)
Jumuk bap. (Foto: istyle.id)

Kamu bisa buat menu nasi ala Korea yang sebenarnya mirip dengan onigiri dari Jepang. Makanan ini berbentuk bola-bola nasi yang disebut jumuk bap. Bahan-bahannya cukup sederhana tapi rasanya yummy banget. Nasinya sendiri sudah dibumbui sehingga terasa gurih dan lezat dicamput dengan isian seperti seaweed atau beef, kamu bisa kreasikan sendiri.

2. Biasa disajkan sebagai street snack

Jumuk bap. (Foto: istyle.id)
Jumuk bap. (Foto: istyle.id)

Jumuk Bap ini biasanya disajikan sebagai street snack di Korea. Makanan ini cocok untuk segala cuaca dan cukup praktis untuk dijadikan bekal saat kamu piknik di taman. Untuk isian dari Jumuk Bap sendiri bisa disesuaikan dengan kreasi dan favoritmu.

3. Resep pembuatan jumuk bap

Proeses pembuatan jumk bap. (Foto: istyle.id)
Proeses pembuatan jumuk bap. (Foto: istyle.id)

Kamu bisa menambahkan daging atau sayuran apa saja yang kamu suka. Jika kamu penyuka tekstur crunchy, jangan lupa tambahkan ekstra seaweed pada adonan jumuk bap. Seperti dikutip iStyle, berikut simak resep dan bahan-bahan membuat Jumuk Bap yang mudah dan lezat;


Bahan-bahan:

- 12 ons daging cincang

- 2 tbs sake

- 2 tbs kecap asin

- 1 1/2 tbs minyak wijen

- 1 tbs gula

- 1 bawang putih cincang

- Garam dan lada hitam

- 2 cups nasi sushi

- 2 5- to 7-gram seaweed

- 1/3 cup wijen

- Tepung maizena secukupnya

Cara Membuat:

1. Dalam sebuah mangkok, tuangkan daging cincang, minyak wijen, kecap asin, lada. Aduk hingga merata dan dinginkan selama 1 jam di kulkas


2. Panaskan wajan dan masak adonan daging selama 10 -12 menit. Jangan masak dagingnya hingga garing agar mudah menempel bersama nasi

3. Masak nasi dan campur dengan tepung maizena secukupnya untuk mendapatkan tekstur yang lengket

4. Campurkan nasi yang sudah matang, daging dan seaweed kemudian bentuk menjadi bola-bola

5. Hidangkan Jumuk bersama taburan wijen, saus gochujang dan selada

Tips:

Pastikan kamu sudah mencuci nasi sebelum di masak dan jangan biarkan daging menjadi garing agar mudah menempel dengan nasi. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kepoin Doodle Art, Gambar Imajinatif Bukan Cuma Coret-coret!


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH