Replika SD Laskar Pelangi Jadi Tempat Wisata Favorit di Bangka Belitung

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 28 Maret 2017
Replika SD Laskar Pelangi Jadi Tempat Wisata Favorit di Bangka Belitung
Replika SD Muhammadiyah Gentong (SD Laskar Pelangi) di Bangka Belitung (FOTO/Antara/Aloysius Jarot Nugroh)

Film "Laskar Pelagi" yang dibuat di daerah Bangka Belitung (Babel) membawa keberkahan tersendiri bagi daerah tersebut. Karena, sekolah yang disebut-sebut sebagai SD Muhammadiyah Gentong, di Gintung, Belitung Timur yang dijadikan sebagai lokasi syuting film "Laskar Pelangi" itu menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dari Bangka Belitung sendiri maupun dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya di kawasan yang disebut-sebut sebagai SD Muhammadiyah Gentong saja, film yang diadaptasi dari karya novel Andrea Herata ini juga mendongkrak beberapa daerah wisata lainnya yang ada di Bangka Belitung. Terlebih penggarapan film yang di sutradarai oleh Riri Reza ini terletak daerah pinggiran pantai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung ke daerah tersebut.

Bangunan SD Muhammadiyah yang saat menjadi salah satu tempat wisata di Bangka Belitung tersebut, sebenarnya bukan gedung sekolah SD Muhammadiyah Gentong yang sebenarnya. Karena sekolah tersebut sudah rusak, dan sudah tidak ada lagi. Sekolah ini adalah replika yang dibuat pada saat penggarapan film "Laskar Pelangi". Replika SD itupun sekarang terkenal dengan sebutan "SD Laskar Pelangi".

Agar bangunan sekolah itu terlihat seperti SD Muhammadiyah Gentong yang sesunggunya, replika SD ini buat semirip mungkin, lengkap dengan pasir pantainya yang putih. Replika SD Muhammadiyah Gantong juga menjadi salah satu obyek wisata andalan di Belitung Timur, selain Museum Kata yang digagas oleh Andrea Hirata, pengarang novel "Laskar Pelangi" tersebut.

Bagaimana, Anda tertarik berkunjung ke tempat wisata replika SD Muhammadiyah Gentong atau "SD Laskar Pelangi" ini? Jangan lupa, jika Anda berwisata ke tempat ini, wajib juga berkunjung ke beberapa obyek wisata yang tidak kalah menariknya, di sini: Yuk, Kunjungi 6 Pantai Terkenal di Negeri Laskar Pelangi

#Laskar Pelangi #Bangka Belitung #Kuliner Bangka Belitung
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan