Otomotif

Replika Ford Gran Torino 'Starsky & Hutch' akan Dilelang

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 13 Maret 2023
Replika Ford Gran Torino 'Starsky & Hutch' akan Dilelang
Mobil masih tersedia di lelang hingga 15 Maret. (Foto: Bring A Trailer)

MESKI seri aslinya sudah berakhir lebih dari 40 tahun yang lalu, dan pembuatan ulang filmnya sudah dikerjakan hampir 20 tahun yang lalu, Starsky dan Hutch tetap populer hingga saat ini. Salah satu yang paling diingat ialah mobil detektif mereka nan ikonik Ford Gran Torino.

Popularitas serial ini bertahan lama disebabkan dua detektif dan karakter penuh warna yang mereka temui setiap minggu kala seri itu dirilis. Namun, salah satu karakter yang paling berwarna ialah mobil bergaris merah dan putih yang mereka kendarai itu.

Dijuluki 'Striped Tomato', mobil aslinya memiliki mesin 400 inci kubik atau 351 Windsor V8, tergantung tahunnya. Dikabarkan, beberapa mobil dipesan khusus dengan V8 460 kubik inci. Gran Torino merupakan mobil yang populer untuk Ford dan popularitasnya didorong acara tersebut.

Baca juga:

Ford v Ferrari: Mengulang Sejarah Le Mans 24 Jam di Layar Lebar

Pertama kali dipopulerkan seri Starsky & Hutch pada 1975. (Foto: IMDb)

Secara rata-rata, mobil itu terjual lebih dari 400 ribu unit per tahun selama produksi mobil tersebut berjalan. Tidak ada yang tahu berapa banyak Ford Gran Torino coupe yang dicat ulang dengan warna merah terang dan garis putih seperti yang ada di film.

Namun, salah satu mobil baru saja muncul untuk dijual di Bring A Trailer, seperti diungkapkan laman Motor1. Menurut sang pemilik, Gran Torino 1975 itu memiliki mesin V8 429 kubik inci yang menggantikan mesin aslinya, dan transmisi otomatis tiga kecepatan C4.

Fitur tambahan dalam mobil ini meliputi AC, power steering, power front disc brakes, dan pelek mag-style slotted 15 inci. Terdapat pula fitur lain, seperti stereo Philco AM/FM, lampu suar magnetik, dan plat nomor replika.

Baca juga:

Ford Kembali ke F1 Bersama Red Bull Racing di 2026

Interior masih dalam kondisi yang sangat apik. (Foto: Bring A Trailer)

Selama serinya, mobil itu digunakan untuk berpatroli di berbagai jalanan kejam di Bay City, mengumpulkan informasi dari Huggy Bear, dan mengejark penjahat sembari menghindari amarah dari Kapten Dobey. Ironisnya, bintang seri aslinya Paul Michael Glaser dan David Soul membenci mobil itu.

Mereka berpikir bahwa mobil itu terlalu aneh untuk dijadikan sebuah mobil penyamaran polisi. Namun, terlepas dari pendapat para bintang seri aslinya, mobil Striped Tomato itu merupakan mobil pahlawan dengan karakter kuat yang popularitasnya bertahan sepanjang masa.

Mobil itu bisa dibilang sama ikoniknya dengan Dodge Charger dari Dukes of Hazard atau KITT yang merupakan Pontiac Trans Am dari Knight Rider. Adapun Ford Gran Torino itu akan tersedia untuk dilelang hingga Rabu, 15 Maret 2023. (waf)

Baca juga:

Mobil Klasik ini Harganya Jadi Melambung karena Film

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan