Renovasi Stadion Manahan Solo Habiskan Rp 301 M, Intip Hasilnya Stadion Manahan Solo tampak dari atas menyerupai Stadion Gelora Bungkarno (GBK) mini, Rabu (24/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) merenovasi Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah menggunakan dana APBN 2018 dan 2019 senilai Rp 301 miliar.

Renovasi tersebut sudah dimulai awal 2018 sampai dan ditarget selesai September 2019. Pelaksana proyek adalah PT. Adhi Karya Jakarta.

Baca Juga: Stadion Manahan Direnovasi, Tampilan Baru Bakal Mirip SUGBK

Renovasi ini akan menjadikan Stadion Manahan menjadi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) mini. Proyek tersebut dikerjakan selama 407 hari sejak Agustus 2018.

Anggota Komisi IV DPRD Solo meninjau proyek renovasi Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/7). (MP/Ismail)
Anggota Komisi IV DPRD Solo meninjau proyek renovasi Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/7). (MP/Ismail)

Pimpinan proyek Stadion Manahan dari PT Adhi Karya, Soni Ariawan, mengungkapkan royek renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo saat ini telah mencapai 83 persen. Proyek bagian dalam sudah hampir selesai.

"Sekarang kami tinggal menyelesaikan bagian atap dan penerangan. Pekerjaan tinggal menyelesaikan bagian atap dan lampu," ujar Soni pada MerahPutih.com, Rabu (24/7).

Rumput Stadion Manahan, kata Soni, dipilih secara khusus, yakni jenis zoysia matrella yang memiliki keunggulan lebih hijau dan berakar kuat. Rumput ini berstandar internasional.

"Tribun penonton dan bangku-bangku kita cat berwarna merah, kuning dan biru serta ada nomor tiket. Sekilas dilihat dari atas semua cat kursi stadion berbentuk motif batik kawung khas Solo. Motif tersebut juga terlihat pada dinding luar stadion," papar dia.

Ia menjelaskan bagian lampu stadion sisi utara dan selatan dipasang layar LED yang juga digunakan sebagai papan skor. Stadion juga dilengkapi CCTV.

"Kami juga lengkapi stadion dengan fasum (fasilitas umum) seperti musala dan tolet Ada delapan ticket box dan empat pintu masuk utama," katanya.

Baca Juga: Tiga Hari Terseret Ombak Pantai Baru Bantul, Legenda Persis Solo Ferry Belum Ditemukan

Di ruang ganti pemain, kata dia, dilengkapi fasilitas jacuzzi atau kolam air hangat. Selain itu, disediakan pula lapangan futsal berumput sintetis untuk pemanasan pemain. Stadion akan memiliki kapasitas 20.000 penonton.

Penampakan rumput Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Foto: MP/Ismail
Penampakan rumput dan tribun Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Foto: MP/Ismail

"Sesui kontrak kerja renovasi stadion ini selesai September 2019. Saat ini pembangunan mencapai 83 persen," papar dia.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. baca Juga artikel menarik lainnya dalam: Wali Kota Solo Minta Keluarga Jokowi Akuisisi Saham Laskar Sambernyawa


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH