Renovasi Stadion Camp Nou akan Sediakan Kolumbarium bagi Fans Barcelona

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 09 November 2023
Renovasi Stadion Camp Nou akan Sediakan Kolumbarium bagi Fans Barcelona
Stadion Barcelona akan sediakan area kolumbarium. (Foto: FC Barcelona)

STADION kebanggaan FC Barcelona Camp Nou tengah mendapat renovasi besar-besaran. Berbagai fasilitas baru akan dibangun, termasuk sebuah area memorial atau kolumbarium bagi penggemar mereka yang ingin dimakamkan di stadium tersebut.

Kolumbarium adalah sejenis laci tempat menyimpan abu atau tulang-belulang jenazah manusia. Fasilitas ini dibangun di lahan seluas 180 meter persegi. Selain itu, ada tugu peringatan cinerary yang akan terdiri dari 26.600 kolumbarium dengan plakat peringatan khusus.

Ruangan itu akan ditempatkan di area yang telah direnovasi di sekitar Camp Nou dan akan rampung dalam tiga tahun mendatang. Ruangan tersebut akan menjadi tempat abu para penggemar yang berdedikasi diletakkan. Demikian diwartakan TalkSport.

Baca juga:

5 Fakta Menarik Mengenai Pemain Anyar Barcelona Ilkay Gundogan

Stadion baru FC Barcelona akan mampu tampung lebih 100.000 penonton. (Foto: FC Barcelona)

Kolumbarium ini akan tersembunyi di balik mural besar yang menggambarkan momen-momen ikonik dalam sejarah klub. Pembangunan ruang permakaman di Camp Nou telah mendapatkan izin yang diperlukan dan telah direncanakan selama beberapa tahun.

Anggota Barcelona akan mendapat kesempatan pertama untuk membeli lahan tersebut, yang mulai tersedia pada hari Selasa pekan ini. Setelah dua minggu, ruangan tersebut akan terbuka untuk masyarakat umum untuk pembelian.

Kolumbarium ini akan menjadi area terbuka yang luas dengan empat kubus pencahayaan yang diciptakan untuk meniru cahaya langit. Proyek renovasi Nou Camp sudah berlangsung bertahun-tahun setelah rencana awal untuk membangun stadion baru ditolak pada 2014.

Baca juga:

FC Barcelona Sampaikan Ucapan Imlek untuk Culers di Indonesia

Proses renovasi tengah berlangsung dan ditargetkan rampung tiga tahun mendatang. (Foto: FC Barcelona)

Namun, masalah keuangan membuat rencana stadion baru dibatalkan. Oleh karena itu, dewan Barcelona memutuskan untuk merombak Camp Nou sebagai alternatif. Kapasitas stadion akan mencapai 105.000 penonton, memperkuat posisinya sebagai stadion olahraga terbesar di Eropa.

Camp Nou saat ini dapat menampung lebih dari 99.000 penonton, tetapi perluasan ini akan menambah kapasitasnya menjadi lebih dari 100.000 penonton. Konstruksi semula direncanakan akan dimulai pada 2019, tetapi berbagai kendala telah menghambat jalannya proyek tersebut.

Akhirnya, proses renovasi dimulai pada 1 Juni 2023 meski izin dari Dewan Kota Barcelona sudah diberikan setelah musim 2021/22. Sementara pekerjaan renovasi berlangsung di Camp Nou, Barcelona akan bermain di Estadi Olimpic Lluis Companys di Montjuic. (waf)

Baca juga:

Bar Terbaik di Dunia 2022 Ada di Barcelona

#Barcelona #Stadion
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan