Renovasi 5 Lapangan Latihan Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Minta Dana Rp20 M ke Kemenpora Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo melakukan pengecekan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemkot Solo menunjukkan keseriusannya agar Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah dipilih FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20.Hal tersebut dibuktikan dengan mengajukan dana senilai Rp20 miliar untuk merenovasi lima lapangan latihan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri mengungkapkan ada lima lapangan latihan yang nantinya bisa digunakan pemain dari peserta Piala Dunia U-20 pada 2021.

Baca Juga

Indonesia Gelar Piala Dunia U-20, Ganjar Siapkan Lapangan Latih Terbaik

Lapangan tersebut, yakni Banyuanyar, Karangasem, Kota Barat, Stadion Sriwedari, dan, lapangan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

"Kami tidak bisa merenovasi lima lapangan latihan tersebut menggunakan dana APBD. Besaran dana renovasi sangat besar dan dana APBD terbatas," ujar Joni, Kamis (14/11).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, Kamis (14/11). (MP/Ismail)
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, Kamis (14/11). (MP/Ismail)

Dispora Solo, kata Joni, melalui surat resmi yang dikirim atas nama Pemkot Solo mengajukan dana senilai Rp20 miliar ke Kemenpora. Anggaran tersebut bakal dimanfaatkan untuk merenovasi lima lapangan latihan agar sesuai standar FIFA.

Baca Juga

Stadion Manahan Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia U-20 Tahun 2021

"Dana senilai Rp20 miliar itu baru sebatas hitung-hitungan kasar. Angka pasti biaya tersebut belum bisa diperinci karena DED (Detail Engineering Design) belum disusun," kata dia.

Diketahui Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah menjadi satu dari 10 stadion di Indonesia yang diajukan PSSI ke FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20.

Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/9). (MP/Ismail)
Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (27/9). (MP/Ismail)

Ke-10 stadion yang dimaksud adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Baca Juga

Sambut Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Kebut Perbaikan Fasilitas Stadion Manahan

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH