Renovasi GBK Selesai Sesuai Target

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 20 Oktober 2017
Renovasi GBK Selesai Sesuai Target
Menko PMK Puan Maharani bersama Ketua INASGOC Erick Thohir dan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto meninjau Stasion GBK, Venues Basket, Stadion Madya, dan Tenis Indoor untuk menyambut Asian Games 2018. (fot

MerahPutih.com - Proses pembangunan renovasi Gelora Bung Karno terus dikebut. Pasalnya, GBK merupakan salah satu lokasi venue Asian Games 2018.

"Diharapkan, pada November 2017, secara fisik seluruh venue yang disiapkan untuk menggelar pertandingan Asian Games 2018 telah selesai diperbaiki," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat meninjau proyek perbaikan kompleks GBK, Jakarta, Jumat (20/10).

Dengan ditemani Ketua KOI Erick Thohir, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, dan Ketua Umum KONI Tono Suratman, Puan menyebut proses renovasi GBK telah mencapai 90 persen sehingga dia mengharapkan venue di sana bisa digunakan untuk turnamen uji coba jelang Asian Games 2018.

"Mudah-mudahan test event bisa di periode Februari 2018 untuk atletik dengan pekerjaan venue, sistem teknologi dan hal lain yang berkaitan dengan teknis, sepertinya sudah sesuai dengan jalurnya," kata Puan.

Dia juga berharap test event pada Februari 2018 tersebut bisa berlangsung baik sehingga tidak mengganggu persiapan event utama Asian Games.

"Tapi tentunya, diiringi dengan evaluasi sehingga dalam pelaksanaan Asian Games 2018 tak ada hal yang perlu dievaluasi besar-besaran," tutur dia.

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S.Dewabroto yang juga menyebutkan hal terkait infrastruktur Asian Games 2018 tidak ada kendala khususnya di kompleks GBK.

"Diperkirakan yang lainnya juga akan selesai oada desember nanti. Karena aturan dari OCA sangat ketat sekali. Desember nanti saat kunjungan OCA sudah selesai semua. Keuangan diback-up oleh Kementerian PU-Pera dan semua tidak ada kendala," ujar Gatot.

Gatot menyebut sebenarnya proses perbaikan kompleks olahraga GBK pernah memiliki kendala masalah hukum, terutama fasilitas tenis luar ruangan, akan tetapi hal tersebut sudah selesai masalah hukumnya.

"Karena hal tersebut pembangunan sempat terlambat di awal, akan tetapi seiring waktu semua sudah rampung, sesuai dengan rencana ini akan selesai di akhir bulan desember di mana OCA juga akan mengadakan Corcom dan melihat wajah lain GBK. Sehingga kami berani jamin bulan februari test event bisa diselenggarakan," tuturnya menambahkan.

Asian Games akan dilaksanakan pada Agustus 2018 dengan rencana awal menunjuk dua kota sebagai penyelenggara yakni Jakarta dan Palembang, serta dikabarkan juga beberapa cabang olahraga akan menjadikan Jawa Barat sebagai lokasi pertandingan. (*)

Sumber: Antara

#Puan Maharani #Gelora Bung Karno #Asian Games 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan